BAGIKAN

BOLSEL – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tak perlu lagi jauh-jauh ke Kota Kotamobagu hanya untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Kapolres Bolsel, AKBP Yuli Kurnianto SIK menyampaikan, pihaknya sedang memacu untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat.

“Kasihan kalau warga Bolsel hanya untuk mengurus SKCK saja harus ke Kotamobagu. Harus mengeluarkan uang untuk transport,” ujar Kurnianto.

Tak hanya itu, kata dia, Polres Bolsel juga tengah menyiapkan untuk membuka layanan pembuatan SIM.

“Walau Polres Bolsel belum ada setahun, kami berusaha agar pelayanan kepolisian¬† secepatnya akan ada. Kami juga akan segera membuka layanan pembuatan SIM,”

Berikut persyaratan pembutan SKCK:

– Surat pengantar dari Kelurahan
– Fotokopi Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) 2 lembar
– Fotokopi Kartu Keluarga ( KK )
– Fotokopi Akta Kelahiran atau ijazah terakhir.
– Pas foto 4 √ó 6 dengan latar merah sebanyak 6 lembar

SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri, melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Penulis: Nanda Saputra