BOLSEL – Debat publik ke dua Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mgondow Selatan (Bolsel), yang nantinya akan dilakukan di Hotel Nusantara Dian Centre (NDC) Manado pada Jumat (20/11/2020) mendatang, akan mendapatkan pengamanan ketat dari Polres Bolsel.

Hal ini dikatakan, Kapolres Bolsel AKBP Yuli Kurnianto SIK, jika KPU tetap akan menggelar debat kedua ini di Bolsel, pihaknya tetap siap menjaga keamanan.

“Tapi kita sarankan, kalau bisa sebaiknya kita cegah atau kita hindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Pertimbangannya, kalau di Manado, pendukung dan simpatisan kedua paslon jauh lebih sedikit yang ikut ke sana. Berbeda kalau dilaksanakan di Bolsel dan KPU Bolsel menerima saran kami,” ungkap Kurnianto, Kamis (19/11/2020).

Sementara itu, ia juga menyampaikan, soal keamanan tetap menjadi tanggung jawab Polres Bolsel. Sama seperti debat pertama, pihaknya mengawal dan mengawasi langsung jalannya debat hingga selesai. Bahkan pada debat pertama lalu sempat terjadi insiden kecil di depan lobi hotel.

“Kejadiannya ketika debat sudah selesai, kedua paslon yang masing-masing dikawal puluhan pendukungnya hendak meninggalkan hotel tempat pelaksanaan debat. secara tidak sengaja bertemu di teras hotel, Kontan situasi menjadi ribut karena suara teriakan ‘nomor satu, nomor dua’ oleh masing-masing pendukung. Beruntung, kejadian ini tidak berlangsung lama. Pihak keamanan Polres Bolsel langsung membubarkan kedua kelompok pendukung paslon yang sudah saling berhadap-hadapan,” ujarnya

Dia juga mengatakan, bersyukur tidak terjadi kontak antara dua massa pendukung, karena kita langsung bubarkan jumlahnya juga sedikit.

“Tapi kalau kita lengah pasti jadi kacau, kejadian ini juga jadi bahan evaluasi untuk itu kita sarankan kepada KPU sebaiknya debat kedua tidak dilaksanakan di Bolsel,” tegasnya

Kapolres menambahkan, pengamanan mulai akan dilakukan dalam lokasi hingga seputaran pintu masuk dan yang lainnya diluar, pihaknya juga ikut akan berkoordinas dengan pihak Polda Sulut serta Polsek terdekat untuk melakukan pengamanan.

“Kita juga tetap akan melakukan penjagaan kepada kedua Paslon, tim pemenangan masing-masing palson. Selain itu juga kita tetap menggamankan atau menempatkan petugas untuk menjaga KPU dan Bawaslu Bolsel,” tutupnya