Rawat Bumi with lindungihutan

LINGKUNGAN – Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) yang memiliki luas 282.008.757 hektare, adalah taman nasional terbesar yang ada di Sulawesi Utara, yang memiliki biodiversty tinggi dan habitat penting bagi spesies khas Sulawesi. Namun sayangnya saat ini, TNBNW menghadapi berbagai ancaman yang dapat merusak ekosistem semisal, perambahan, penebangan liar, penambangan tanpa izin serta perburuan liar.

Arecaceae, adalah komunitas yang didirikan oleh sejumlah aktivis peduli lingkungan pada Agustus 2018. Komunitas ini lebih memfokuskan diri untuk bergerak dibidang penghijauan dan edukasi ke masyarakat untuk melestarikan alam.

Sebagai pegiat lingkungan, Arecaceae khawatir melihat ada indikasi mulai rusaknya alam di wilayah TNBNW sehingga mereka berpikir untuk mengambil langkah agar habitat yang bergantung pada kelestarian alam wilayah TBWNW, tetap dapat hidup.

Salah satu penggagas berdirinya komunitas ini, Roysul Mamonto, disitus lindungihutan.com mengatakan, TNBNW tidak semata hanya melindungi kekayaan alam berupa flora dan fauna, tetapi juga mempunyai jasa ekologis sebagai daerah resapan air. “Sebagai contoh, daerah aliran sungai (DAS) Dumoga di  kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mampu memenuhi kebutuhan irigasi pertanian. Lalu DAS Bone dapat menopang kebutuhan air bersih untuk wilayah Kota Gorontalo.”

Oleh karenanya, Roysul dan teman-teman aktivis Arecaceae akan melaksanakan kegiatan penyelamatan hutan di habitat burung Maleo. Untuk menyukseskan kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (20/4/2019) dengan mengambil lokasi di wilayah TNBNW di Bolmong Selatan, mereka menggandeng Pemkab Bolmong Selatan, Balai TNBNW dan KPHP wilayah II Doloduo. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada hari Minggu (21/4/2019).

Dalam kegiatan ini, komunitas Arecaceae juga mengajak masyarakat ikut berpartisipasi melestarikan hutan dengan cara berdonasi. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 18.000/pohon.

Temukan cara donasi di link dibawah ini : https://lindungihutan.com/donasi/183/bolaang-mongondow-selatan-rawatbumi-lestarikan-habitat-maleo-di-bumi-celebes

Di Sulawesi Utara, selain di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, kegiatan serupa juga bakal dilaksanakan di Kota Bitung di hari yang sama.

Editor : Rahmat Putra Kadullah