dr Sadly Mokodongan.

BOLSEL – Perilaku hidup sehat dan bersih penting dilakukan. Perilaku kesehatan yang dilakukan secara sadar akan membantu menolong diri sendiri. Masing-masing dari kita juga diharapkan dapat berperan aktif pada kegiatan kesehatan di masyarakat.

Harapan ini juga diinginkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), dr Sadly Mokodongan. Dia menganjurkan beberapa cara ampuh agar masyarakat terhindar atau dapat meminimalisir terjangkit wabah.

Baca: Kelangkaan Masker, Stok di RSUD Molibagu Masih Aman

Antara lain yang ia anjurkan, yakni agar masyarakat lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun atau alkohol based hand sanitizer. Sadly juga mengatakan, untuk lebih meningkatkan daya tahan tubuh, warga diminta mengonsumsi makanan sehat.

“Warga perlu melindungi diri dengan memakai masker, serta mengurangi interaksi dengan seseorang yang mengalami gejala-gejala influenza,” pintanya sembari mengingatkan untuk tetap menjaga Kebersihan Lingkungan.

Sebagaiamana kita ketahui bersama, saat ini wabah virus Corona telah menyerang banyak orang di berbagai belahan dunia. Hal ini juga menjadi perhatian dr Sadly. Dikatakannya, warga tak perlu panik, dan segera memeriksa kondisi kesehatan ke rumah sakit atau Puskesmas.

“Untuk masyarakat yang mengalami gejala demam, flu, batuk, sesak nafas, segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat. Tetap tenang dan jangan panik,” imbaunya. 

Penulis: Nanda Saputra