BAGIKAN

BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Senin (16/12/2019) menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Pembukaan Musrembangnas RPJMN yang bertempat di Sekretariat Negara tersebut, dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menentukan arah pemerintahan bangsa kedepan.

“Mungkin ini yang sering saya ulang-ulang sampaikan setiap saya sambutan. Tetapi kali ini kembali harus saya ulangi lagi, bahwa kegiatan ini adalah penting untuk menentukan arah pemerintahan bangsa ini kedepan,” ujar Jokowi.

Presiden menjelaskan, dalam rangka kelanjutan pembangunan infra struktur kedepan, seperti membangun kawasan pertanian, perikanan dan pariwisata. Untuk mendorong kelanjutan arah pembangunan tersebut, maka peran pemerintah daerah untuk mensinkronkan lewat APBD, seperti pembangunan bandara dibeberapa wilayah, yaitu, Manado, Mandalika, serta Raja Ampat, kata Presiden.

Presiden juga berharap, agar pemerintah daerah untuk bisa bekerjasama dengan BUMN, atau pihak swasta. Hal ini penting untuk menekan pembiayayaan, berupa fiskal, dan APBN. Untuk pembangunan kualitas SDM, kita fokus untuk 5 tahun kedepan. “Artinya pemerintah pusat, provinsi, harus sama idenya. Karena SDM penting untuk menekan angka kematian anak dan ibu. termasuk stunting,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap adanya penyederhanaan birokrasi. “Birokrasi kita ini ibarat kapal besar. Olehnya, perlu birokrasi yang ramping dan fleksibel, sehingga kita cepat merespon perubahan-perubahan kedepan, artinya kita sederhanakan dengan merevisi UU yang dinilai merepotkan dan menghalang investasi. Termasuk Perda-perda yang menghambat, oleh pemerintah daerah bisa mengajukan revisi karena saat ini negara kita diatur oleh 42 ribu regulasi. Makanya kita sederhanakan,” tambah Presiden.

Di akhir sambutannya, Presiden minta transformasi ekonomi. “Apapun resikonya, transformasi ekonomi harus kita hadapi,” pungkas Jokowi.

Sementara itu, Bupati Iskandar Kamaru disela-sela kegiatan Musrembangnas mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting. “Kehadiran Pemkab Bolsel dikegiatan ini sangat penting,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, yang disampaikan Pak Presiden wajib untuk dilaksanakan, sehingga untuk pembangunan baik di pusat, provinsi dan deerah bisa singkron. “Apalagi program yang telah di susun oleh Pemkab Bolsel lewat APBD, sangat pro rakyat, serta selaras dengan apa yang telah disampaikan Presiden tadi terkait 5 isu strategis,” terang Iskandar.

Bupati berharap instansi teknis dan terkait untuk merespon langsung program tersebut, kerena kesuksesan program nasional nanti adalah akumulasi dari suksesnya program yang ada di daerah, sembari mengajak semua pihak untuk bekerjasama demi kemajuan Bolaang Mongondow Selatan ke depan.

Diketahui, kegiatan Musrembang Nasional ini, di hadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, seluruh Kementerian dan Lembaga RI serta Kepala Daerah Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia.