BOLSEL – Angka partisipasi pemilih di Kabupaten Bolsel pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 baru-baru ini terbilang tinggi, bahkan berpeluang menjadi yang tertinggi di Sulut capai 94,4%.

Data ini berdasarkan Pleno KPU Bolsel tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Bolsel untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta rekapitulasi dan penetapan Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel Tahun 2020, yang dilaksanakan di Kantor KPU Bolsel.

Berdasarkan data hasil pleno yang ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Bolsel, dari 47.383 jumlah pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Bolsel, tercatat jumlah partisipasi sebanyak 44.732 pemilih (94,4%).

Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi mengatakan, jumlah ini di luar dugaan, pasalnya pemungutan suara dilaksanakan di tengah situasi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19), Selasa (15/12/2020).

“Justru hal ini yang memotivasi kami lebih getol melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, ia juga menyampaikan, capaian ini bukan semata-mata karena upaya KPU saja, ini semua berkat sinergitas semua elemen yang ada di daerah.

“Mulai dari jajaran KPU sampai di tingkat PPS dan KPPS, Bawaslu sampai tingkat desa, Pemda Bolsel, Pemerintah Kecamatan dan desa, partai politik, tim dua pasangan calon (paslon) serta seluruh elemen masyarakat yang ada,” ujarnya

Kakunsi juga mengungcapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut ambil mensosialisasikan dan ikut mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 di Kabupaten Bolsel.