BAGIKAN

BOLSEL – Program bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) merupakan bantuan dari pemerintah khususnya dari Dinas Sosial untuk pembangunan rumah kepada masyarakat yang kurang mampu (Miskin). Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), program RTLH tahun 2020 akan melakukan pembangunan RTLH sebanyak 35 unit rumah.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh kepala Dinas Sosial Bolsel, Nashrudin M Gobel, melalui kepala bidang Dinsos Makmuman Patompo, Jumat (14/2/2020).

“Tahun ini Dinsos akan membangun 35 unit RTLH. Sebanyak 35 kepala keluarga dan 20 usaha kelompok. Untuk usaha kelompok sendiri, syaratnya satu kelompok harus ada 10 orang” ujar Makmuman

Ia menjelaskan, untuk penerima bantuan RTLH atau Usaha kelompok, setiap Desa dan Kelurahan mengajukan masyarakatnya yang benar-benar membutuhkan. Nantinya dari pihak Dinas Sosial akan turun langsung melakukan survey, apakah ini termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau yang biasa disebut Basis Data Terpadu (BDT) adalah database yang berisi data kesejahteraan sosial dengan berbagai macam kriteria pada masing-masing Individu dan Rumah Tangga. Kami juga harus mengacu kepada UU Kemensos RI Nomor 146 Tahun 2013” katanya mengakhiri.