Bupati saat memeriksa kamar isolasi. (Foto: Diskominfo Bolsel).

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolsel, pemkab telah menyiapkan berbagai perlengkapan medis untuk menangani pasien yang mengalami gejala awal corona.

Kesiapan pihak RSUD terlihat dari kunjungan Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru pada Senin (23/3/2020). Hal ini dilakukan bupati sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk menghadapi pandemi corona.

“Untuk penanganan pasien gejala awal Covid-19, RSUD Bolsel sudah siap, mulai dari kamar isolasi, alat pelindung diri, obat-obatan dan bahan habis pakai medis,” ucap Iskandar saat berada di RSUD.

Dikesempatan yang sama, Iskandar berpesan kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, berkumpul dengan banyak orang ,dan jika harus keluar rumah, saat pulang jangan lupa mencuci tangan.

Baca: Edaran Bupati Bolsel Soal Kerja dari Rumah

Sebelumnya, direktur RSUD Bolsel, dr Sry Pakaya telah menjelaskan atas kesiapan pihak rumas sakit dalam menghadapi bencana nasional non alam ini.

“Sarana prasarana pendukung sudah disiapkan. Mulai dari SK penetapan tim di RSUD, kamar isolasi, alat perlindung diri ,obat-obatan dan bahan habis pakai medis kami sudah sediakan semua. Selain itu, ada 5 dokter dan 10 perawat yang disiapkan,” ujar Sry, Jumat (20/3/2020) lalu.

Ia juga menjelaskan, jika ada pasien yang terindikasi suspect corona, akan langsung di rujuk ke RSUD Kotamobagu yang menjadi RS rujukan pasien Covid-19.

Penulis: Nanda Saputra