Bupati Iskandar menerima buku "Napak Tilas Sejarah Kerajaan dan Raja-raja Bolango" dari Fadli Daeng Salasa (Foto: Faisal Manoppo)

Langit di Kabupaten Bolmong Selatan begitu cerah menyambut peringatan HUT ke-XI Kabupaten Bolmong Selatan yang dilangsungkan di lapangan “Pondabo” Alun-Alun Molibagu Kecamatan Bolaang Uki, Senin (22/7/2019). Namun suasana kali ini berbeda. Ada sesuatu benda yang terus mengitari di angkasa tepat di lokasi pelaksanaan upacara.

Sebuah Paramotor atau penerjun payung yang menggunakan motor berkipas yang berfungsi sebagai pendorong pilot paramotor dapat terus mengudara di angkasa melakukan atraksi di langit biru Bolmong Selatan. Di belakang kain parasut terkembang, terbentang spanduk bertuliskan Dirgahayu ke-XI Kabupaten Bolmong Selatan. Di angkasa biru, Pilot Paramotor, Fadli Daeng Salasa (32), berputar mengelilingi kawasan lokasi di mana upacara dilaksanakan.

Mengudara di ketinggian sekitar 600 kaki masih terdengar suara dengung mesin berputar mengundang ribuan pasang mata menyaksikan sang pilot Paramotor bersiap akan melancarkan peluncuran kaki. Tepat di atas bangun gerbang utama alun-alun, ketika dipenghujung upacara, sang pilot mulai mengarahkan kemudi terjun tepat di tengah lapangan. Jantung para warga yang menyaksikan sempat berdegup kencang karena berfikir pendaratan yang berlokasi di ruang terbatas ini bakal berjalan tidak mulus.

Namun dengan sigap dan tangkas, pilot Fadli Daeng Salasa yang sudah 10 tahun ini aktif sebagai pilot Paramotor di Palu melancarkan peluncuran kaki dengan sangat mulus tepat di tengah lapangan alun-alun. Warga yang menyaksikan menyambutnya dengan aplaus dan sorakan gembira.

Selengkapnya di : Buku Sejarah Kerajaan Bolango Sempat Mengudara 1/2 Jam di Angkasa