BAGIKAN

BOLSEL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memberikan bimbingan teknis (Bimtek) penyelesaian sengketa pemilihan gubernur dan wakil Gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati serentak tahun 2020 kepada Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) se-Bolsel.

Bawaslu Bolsel turut menghadirkan Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda serta komisioner lainnya, yakni Awaludin Umbola dan Mustarin Humangi yang juga sebagai narasumber pada Bimtek yang digelar di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu pada Jumat 28 sampai 30 Agustus 2020.

Bawaslu Bolsel Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Pilkada Bolsel Headline Politik Terkini

Herwyn Malonda dalam kesempatannya mengatakan, pada tahapan kampanye peluang terjadinya sengketa antar peserta sangatlah besar. Namun begitu, dia berharap hal itu tidak akan terjadi.

“Tapi, kalau terjadi, Bawaslu secara infrastruktur maupun secara kelembagaan sudah siap mengantisipasinya,” kata Malonda.

Besar harapannya setiap Pengawas Pemilu di Bolsel mampu meningkatkan kapasitas building melalui Bimtek yang telah diikuti secara berjenjang dari provinsi, kabupaten/kota dan Panwaslu yang ada di Kecamatan.

“Jadi teman-teman harus sudah siap melaksanakan tahapan penyelesaian sengketa apabila terjadi, baik antar peserta pemilihan atau peserta dengan KPU,” ujarnya.

Bawaslu Bolsel Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Pilkada Bolsel Headline Politik Terkini

Sementara itu Ketua Bawaslu Bolsel, Rolis Hasan menambahkan, pentingnya aparatur pengawas pemilihan di level kecamatan untuk memahami setiap instrumen pengawasan, dan pencegahan sengketa pemilihan yang telah disusun Bawaslu RI.

“Ini menjadi alat penuntun dalam memaksimalkan pengawasan dan pencegahan sengketa pemilihan, diforum ini saya berharap bisa menjadi forum untuk meng update pengetahuan dan kemampuan kita dalam penyelesaian sengketa pemilihan,” jelasnya.

Menurut Rolis, tidak menutup kemungkinan Bawaslu maupun Panwascam selaku “wasit” akan di intai gerak-gerik siang dan malam dari masing-masing anggota siang malam. Oleh karenanya, ia mengingatkan tentanh hal yang perlu disikapi secara profesional.

“Ada batas-batas yang harus bisa kita tegasi, sehingga tuduhan atau persepsi publik yang negatif terhadap kita, bisa kita jawab dengan kinerja. Mari kita sama-sama buktikan kebenarannya dengan tindakan profesional kita,” pintanya

Turut hadir pada kegiatan Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sulut, Supriyadi Pangellu, komisioner Bawaslu Bolsel Kifly Yudi Molonda dan Monita Mokodompit, serta Koordinator Sekretariat, Arthur Adler Waroka beserta sejumlah staf Bawaslu Bolsel.

Advetorial