BAGIKAN
dr Sry Pakaya.

BOLSEL – Pasien 01 COVID-19 asal Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang di rawat di RSUD akan segera memasuki usia persalinan. Disatu sisi, RSUD milik Pemerintah Kabupaten itu belum memiliki fasilitas kesehatan untuk menjalankan operasi persalinan.

Direktur RSUD Bolsel, dr Sri Pakaya menyampaikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan RSUP Kandou Manado dalam merujuk pasien untuk proses bersalin nanti. Menurut dr Sry, langkah ini diambil karena pasien pada saat melahirkan anaknya yang lain tahun lalu juga dengan cara operasi.

“Usia kandungan pasien mau memasuki 9 bulan. Kami akan berkordinasi dengan RSUP Kandou untuk proses bersalin pasien. Karena, saat melahirkan tahun lalu, yang bersangkutan mengambil langkah operasi,” ungkapnya, Kamis (28/5/2020).

“Kalau untuk operasi, fasilitas di RSUD Bolsel belum tersedia. Jadi, kemungkinan pasien akan dirujuk” tambah dia.

Baca : Perempuan 36 Tahun Pasien Pertama Positif COVID-19 dari Bolsel

Dr Sry melaporkan, meski dalam keadaan hamil, kondisi pasien saat ini dalam keadaan baik. Ia menambahkan, sebelum merujuk pasien, pihak RSUD Bolsel masih menunggu hasil pemeriksaan swab kedua dan ketiga.

Sekadar diketahui, perempuan 36 tahun asal Desa Adow, Kecamatan Pinolosian Tengah itu telah sembilan hari menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD. Sejak diumumkan hasil swab-nya, pasien dalam keadaan hamil usia 8 bulan.

Penulis: Nanda Saputra