BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (09/07/2020) mulai melakukan penyaluran bantuan sosial (Bonsos) Tahap III. Bantuan pangan dan paket sembako tersebut, disalurkan langsung oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk serta ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling di wilayah Kecamatan Dumoga raya.

Selain menyerahkan secara simbolis Bansos tahap III, Bupati juga menyalurkan bantuan bibit jagung, bibit padi, serta pupuk bersama dengan bibit sayur, untuk program ketahanan pangan di situasi pandemi COVID-19.

Penyerahan Bansos tahap III dan bibit serta pupuk ini dimulai dari Desa Tumokang Baru, Kecamatan Dumuga Utara, kemudian dilanjutkan di Desa Doloduo Induk, Kecamatan Dumoga Barat, Desa Ibolian, Kecamatan Dumoga Tengah, Desa Mogoyunggung, Kecamatan Dumoga Timur, Desa Domara, Kecamatan Dumoga Tenggara dan berakhir di desa Pusian, Kecamatan Dumoga.

Bupati Yasti dalam kesempatan itu, menyampaikan, bahwa Covid-19 bukan hanya berdampak pada perekonomian masyarakat di Indonesia umumnya, dan Kabupaten Bolmong khususnya. Bahkan melumpuhkan ekonomi dunia.

Yasti bersyukur, karena masyarakat di Kabupaten Bolmong mengikuti anjuran pemerintah, dengan mengikuti protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Meskipun sampai sekarang kata Yasti, obat atau vaksin dari Covid-19 ini belum ditemukan, masyarakat tidak perlu takut dan panik. Menurutnya, orang desa itu harus sehat dan kuat. Sambil menyerukan yel-yel “Orang Desa Sehat Kuat, lawan COVID-19”.

Untuk para petani lanjut Yasti, silahkan berkebun. Karena di areal perkebunan itu luas dan udaranya pun segar. Karena semua bibit yang kita pesan untuk ketahanan pangan, sudah kita bagikan kepada masyarakat. “Muda-mudahan ini bisa secepatnya di tanam, supaya itu bisa membantu perekonomian masyarakat Desa,” kata Yasti.

Srikandi Bolmong ini berharap, agar para petani dapat memanfaatkan bantuan bibit serta pupuk tersebut. “Bibit terbaik dan pupuk sudah kita berikan. Tinggal keseriusan dari petani untuk menanam serta merawat, agar mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkas Yasti.

Sekedar informasi, agenda penyaluran Bansos tahap III serta pupuk dan bibit dari Pemkab Bolmong ini akan dilanjutkan secara bergilir di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bolmong. Berdasarkan jadwal, untuk besok Jumat, 10 Juni 2020, di Kecamatan Lolayan, Kecamatan Passi bersatu dan Kecamatan Bilalang.