BOLMONG – Kabar baik bagi seluruh perangkat desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), karena mulai tahun depan para aparat yang mengabdi di Desa ini, mulai dari Kepala Desa, BPD hingga Linmas bakal mendapatkan asuransi dari pemerintah provinsi.

Kabar tersebut disampaikan oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, disela-sela kegiatan penyaluran bantuan sosial (Bansos) tahap IV di Desa Tuyat, Kecamatan Lolak, Selasa (29/09/2020).

Yasti mengungkapkan, bahwa dirinya telah mengusulkan kepada Gubernur Olly Dondokambey, sebelum cuti dari jabatannya. “Saya mengusulkan itu kepada bapak Olly Dondokambey, sebelum beliau cuti dari jabatan sebagai Gubernur Sulut,” kata Yasti, saat di wawancarai oleh sejumlah wartawan di balai desa Tuyat, usai menyerahkan bantuan sosial secara simbolis.

Menurutnya, asuransi yang diusulkannya itu adalah asuransi ketenagakerjaan dan asuransi kesehatan, yang nantinya akan dibiayai oleh APBD Provinsi Sulut. “Saya minta kepada bapak Olly Dondokambey, agar seluruh perangkat desa saya mulai dari kepala desa, BPD hingga Linmas tolong diasuransikan,” ucap Yasti.

Yasti mengatakan, jika dihitung seluruh perangkat desa di Kabupaten Bolmong itu kurang lebih ada 4000 orang, karena biasanya per satu Desa yang besar itu ada 20 orang perangkat, serta Desa kecil ada 15 perangkat. Sementara jumlah Desa di Bolmong adalah 200 Desa dan 2 Kelurahan.

Usulan tersebut tadinya hanya Bolmong kata Yasti, namun pak Gubernur langsung merespon dan menyetujuinya dengan meminta untuk segera menyiapkan seluruh data perangkat desa se Provinsi Sulut.

“Kalau saya hitung perangkat desa se Sulut, itu tidak lebih dari 45 Milyar. Dan pak Olly setuju. Tolong siapkan semua datanya dan kita akan asuransikan setiap tahunnya dengan menggunakan biaya APBD Provinsi,” beber Yasti.

Ia berharap dengan adanya asuransi tersebut, seluruh perangkat desa yang sedang menjalankan tugas dan mengalami sakit atau mendapat musibah kecelakaan tidak perlu khawatir, karena telah di asuransikan oleh pemerintah.