BAGIKAN

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Senin (28/09/2020) menyerahkan bantuan sosial (Bansos) tahap IV tanggap darurat bencana non alam Covid-19 tahun 2020, di Kecamatan Passi Barat dan Kecamatan Bolaang.

Penyerahan secara simbolis oleh Bupati ini dipusatkan di balai pertemuan umum (BPU) Desa Lobong Kecamatan Passi Barat dan balai desa Bango Molunow Kecamatan Bolaang.

Dalam penyaluran Bansos tahap IV tersebut Bupati didampingi oleh ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, Asisten II Setda Bolmong, Zainudin Paputungan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, I Nyoman Sukra, Kepala Dinas Sosial, Abdul Haris Bambela, Camat, Sangadi dan warga masyarakat penerima.

Bupati Yasti saat memberikan sambutan, menyampaikan, bahwa berbagai bantuan ini merupakan bentuk perhatian serta kepedulian Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemkab Bolmong dalam menjaga ketahanan pangan guna menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada masyarakat penerima, agar memanfaatkan bantuan ini dengan baik,” ucap Yasti.

Bupati mengatakan bahwa untuk bantuan tahap V, VI dan VII, nantinya akan diserahkan pada akhir bulan Oktober, kemudian ke VIII dan X akan disalurkan di awal bulan Desember.

“Bantuan tahap berikutnya, akhir bulan Oktober dan diawal November akan diserahkan dan langsung diterima tiga bulan sekaligus, serta dua tahap di bulan Desember,” terang Yasti.

Sementara itu, Kepala DKP I Nyoman Sukra, yang turut mendampingi Bupati dalam penyaluran Bansos tersebut, menjelaskan, bahwa untuk tahap IV, penerima bantuan bagi masyarakat terdampak Covid jumlahnya bertambah. Dari 8.370 kepala keluarga (KK) di tahap I, II dan III saat ini bertambah menjadi 19.373 KK.

“Jumlah penerima bertambah, baik melalui APBD maupun APBN dan juga yang di top up oleh Pemkab Bolmong. Kemudian yang dibiayai oleh APBD, yakni 9.170 KK namun ada juga yang di top up seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian Kelautan sehingga total yang menerima yaitu 19.373 KK,” beber Sukra.

Kepala Dinsos, Abdul Haris Bambela, juga menyampaikan, bahwa untuk bantuan tahap IV terdapat penambahan jumlah penerima sebanyak 800 KK. “Yang akan menerima paket sembako full dari Dinsos yakni ada 5.048 KK. Diantaranya beras 18 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula pasir 4 kilogram, dan 8 ikan kaleng,” pungkasnya.

Diketahui, dalam proses penyaluran Bansos tersebut, menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.