BAGIKAN

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), mendampingi kunjungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di lokasi bencana banjir bandang di Desa Domisil dan Desa Pangi Timur, Kecamatan Sang Tombolang, pada Sabtu (07/03/2020).

Rombongan dari pemerintah Provinsi Sulut di pimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kondouw, didampingi Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, kepala balai sungai, serta sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi. Dalam kunjungan tersebut, Wakil Gubernur dan rombongan didampingi langsung oleh Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Sekretaris Daerah Tahlis Gallang bersama jajaran Pemkab Bolmong.

Yasti dampingi Steven Kandouw dan Rombongan Pemprov Sulut di Lokasi Banjir Advertorial Bolmong Headline Sulut Terkini

Steven Kondouw bersama dengan Bupati Yasti dan rombongan langsung meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang di beberapa titik, diantaranya melihat kondisi sungai dan rumah warga yang rusak akibat hantaman banjir dan material lumpur yang bercampur bebatuan serta tumpukkan pohon.

Usai melihat kondisi pasca banjir bandang di Desa Domisil dan Pangi Timur, Wakil Gubernur Steven Kondouw menyampaikan, pemerintah Provinsi akan secepatnya mengupayakan pemulihan di dua Desa tersebut. “Khusus dua Desa ini, pak Gubernur minta agar rumah yang rusak di ganti. Rumah yang rusak berat akan diperbaiki dan rumah yang rusak ringan akan kita rehab,” kata Steven.

Yasti dampingi Steven Kandouw dan Rombongan Pemprov Sulut di Lokasi Banjir Advertorial Bolmong Headline Sulut Terkini

Selain itu, untuk normalisasi sungai, pihak Pemprov sudah menyampaikan kepada balai sungai agar dapat melakukan pelebaran dan kedalaman sungai untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi. “Jalur air sungai ini akan ditambah kapasitas besarnya. Baik lebar, tinggi dan dalam. Nanti akan di identifikasi dan di survey dulu, yang jelas pasti penanganannya. Kita akan dorong terus, masyarakat tidak boleh menunggu lama. Karena ini menyangkut keselamatan orang, berbahaya apabila dibiarkan,” ungkap Steven.

Sementara itu, untuk bantuan kebutuhan pokok dari warga yang terdampak banjir, pemerintah Provinsi menjamin ketersedian, mulai dari makanan, minuman dan tempat tidur. Wakil Gubernur, menyampaikan untuk langkah pertama yang terpenting adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Pastikan tempat mereka berteduh ada, serta kebutuhan dasarnya, seperti makanan, minuman dan pakaian.

Yasti dampingi Steven Kandouw dan Rombongan Pemprov Sulut di Lokasi Banjir Advertorial Bolmong Headline Sulut Terkini

Usai meninjau lokasi bencana, Wagub Steven Kondouw didampingi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, menuju ke posko komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, untuk menyerahkan paket bantuan berupa, 45 kasur tebal, 100 selimut, 100 handuk, 34 kompor gas serta dua karton tabung kecil cadangan dan bantuan lainnya.

Bupati Yasti Mokoagow, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut atas bantuan dan perhatiannya. “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas bantuan yang sudah di berikan Pemprov Sulut. Bantuan ini akan kami salurkan langsung ke warga yang terdampak banjir,” ucap Yasti.

Advertorial