BAGIKAN

BOLMONG – Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II, yang bersumber dari dana APBN Kementerian Sosial (Kemensos) RI, di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hari ini, Kamis (11/06/2020) mulai dibayarkan.

BST dari pemerintah ini, untuk membantu keluarga tidak mampu ditengah pandemi COVID-19. Setiap warga yang berhak menerima berdasarkan data terpadu dari Kemensos RI, akan menerima uang tunai sebesar Rp 600.000 ribu rupiah. Untuk penyalurannya pemerintah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bolmong, Haris Bambela, yang turun langsung melakukan monitoring disetiap Kecamatan, menyampaikan, bahwa untuk penyaluran BST tahap II ini, sudah hampir semua Kecamatan yang mulai melakukan pembayaran.

Dari 15 Kecamatan yang ada kata Bambela, sudah 12 Kecamatan yang sedang menyalurkan. “Hampir semua Kecamatan, kecuali Kecamatan Dumoga Tenggara dan Dumoga Utara, serta Kecamatan Passi Timur,” kata Haris, Kamis (11/06/ 2020).

Tiga kecamatan tersebut lanjut Haris, penyalurannya nanti akan dijadwalkan besok, Jumat (12/06/2020). Sedangkan untuk Kecamatan yang hari ini belum selesai pembayaran, akan dilanjutkan esok hari.

Menurut Haris, dalam proses penyaluran BST tahap II ini berjalan lancar. Karena para penerima tidak lagi melakukan registrasi kartu keluarga (KK) dan KTP seperti penyaluran tahap pertama.

“Pembayaran tahap kedua sudah lancar, karena tidak registrasi KK dan KTP lagi seperti tahap satu. Sehingga lebih cepat. Penerima bantuan tinggal membawa bukti bayar pada tahap pertama dan KTP asli,” jelas Haris.

Diketahui, berdasarkan data dari Dinas Sosial Bolmong, jumlah penerima BST di Kabupaten Bolaang Mongondow berjumlah 10.010 kepala keluarga.