BAGIKAN

BOLMONG – Upacara pengibaran bendera merah putih pada puncak perayaan HUT kemerdekaan RI ke – 75 yang di laksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) di lapangan upacara kantor Bupati Pemkab Bolmong, Lolak, Senin (17/08/2020), berlangsung khidmat.

Dalam perayaan HUT RI yang ke 75 Tahun ini, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, namun upacara pengibaran sangsaka merah putih sukes digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sedikitnya, delapan Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sukses mengibarkan bendera sang merah putih.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, dan di ikuti oleh peserta upacara mulai dari Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Sekda Tahlis Gallang, Ketua DPRD Bolmong Welty Komoling, dan Forkompimda, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat struktural esolan III lingkup Pemkab Bolmong.

Bupati Yasti mengatakan, kemerdekaan yang diperoleh dan dirasakan saat ini adalah buah dari perjuangan panjang para pendahulu, yaitu pahlawan bangsa. Sudah menjadi kewajiban kita seluruh bangsa khususnya masyarakat Bolmong, agar senantiasa mengenang jasa-jasa mereka, sekaligus menjaga semangat juang dan sikap rela berkorban yang ditunjukan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita harus meningkatkan nilai-nilai emansipatoris atau semangat Patriotisme dalam menangkal berbagai ancaman di era saat ini. Serta juga sebagai penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan upaya-upaya konstruktif dan inovatif di segala bidang,” ujar Bupati.

Yasti berharap, pada HUT ke-75 kali ini dan di tahun-tahun yang akan datang, tentunya yang pertama, covid bisa diatasi bersama agar supaya dalam memaknai kemerdekaan lebih khusyuk dan lebih gegap gempita. “Kita wajib lebih bekerja keras mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah,” ungkap Bupati.

Selain itu, Yasti juga mengapresiasi para Paskibraka yang sukses mengibarkan sang merah putih. “Selamat kepada anak-anak paski yang sukses menjalankan tugas dengan baik mengibarkan bendera,” ucapnya.

Diketahui, usai melaksanakan upacara pengibaran bendera, Pemkab juga menyerahkan bonus bagi para atlet yang meraih medali pada Porprov beberapa waklu lalu. Selain itu, Bupati Yasti, Wabub Yanny, Sekda Tahlis Gallang dan jajaran melakukan vidcon detik-detik proklamasi di D’Talaga Resto dengan penuh khidmat dan khusuk, bunyi sirine terdengar sebagai tanda memecah sunyi peristiwa bersejarah 75 tahun silam.