BAGIKAN

BOLMONG – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dilakukan selama dua hari, yaitu pada tanggal 5 hingga 6 September 2020 di kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado, telah selesai dilaksanakan.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong, jumlah peserta yang terdaftar untuk mengikuti SKB, ada 291 peserta. Untuk pelaksanaannya, para peserta dibagi dalam 3 sesi. Setiap sesi di ikuti oleh 90 orang peserta. Dari 291 peserta yang terdaftar, hanya 187 yang ikut tes. Sementara 4 orang lainnya tidak ikut.

Kepala BKPP Bolmong, Umarudin Amba, mengatakan hingga sesi terakhir pelaksanaan tes hanya 187 orang yang ikut SKB CPNS. “Ada 4 orang yang tidak ikut tes. Padahal jadwal pelaksanaannya, dari awal sudah diberitahukan, bahwa tes SKB akan dilaksanakan di BKN Manado,” kata Amba.

Terkait dengan hasil SKB, Umarudin menyampaikan, masih menunggu dari Kemenpan RB. Karena sesuai petunjuk teknis (Juknis), akan dilakukan rekonsiliasi antara nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan nilai SKB. “Kemungkinan bulan Oktober mendatang, hasil rekon akan dilakukan,” singkatnya.

Sementara itu, Sekretaris BKPP Bolmong, Abdulssalam Bonde, membenarkan bahwa ada empat orang yang tidak mengikuti tes SKB. “Otomatis mereka gugur. Untuk hasil SKB, semua dokumennya langsung diserahkan ke BKN. Karena untuk penentuan kelulusan berdasarkan akumulasi nilai SKD dan SKB. Nilai tertinggi dari akumulasi SKD dan SKB,” ujar Bonde.

Ia menambahkan, terkait dengan ketidak hadiran dari beberapa peserta, pihak panitia telah berupaya menghubungi. “Kita sudah berupaya maksimal. Termasuk menghubungi mereka, namun hingga pelaksanaan tes, mereka tak kunjung datang. Kalau yang satu orang, itu sudah meninggal dunia. Kemudian yang satu orang lagi, salah melihat jadwal, dan dua orang tidak ada kabar,” bebernya.