BAGIKAN

BOLMONG – Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus mengupayakan pembangun terminal di Desa Dulangon kecamatan Lolak. Terminal tipe A tersebut, ditargetkan akan rampung pada tahun 2020.

Kepala Dishub Bolmong, Zulfadli Binol, ketika dihubungi mengatakan bahwa pembangunannya ditargetkan akan rampung tahun 2020 mendatang. “Pembangunannya terus dimaksimalkan. Tahun depan proyek itu, sudah clear,” ujar Zulfadli, Jumat (11/10/2019).

Menurutnya, keberadaan terminal tipe A di Bolmong sangat penting. Karena berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), angkutan antar kota dalam propinsi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

Selain berfungsi sebagai tempat istirahat sejenak, juga sebagai tempat Run-check. “Kendaraannya akan di inspeksi, dilihat apakah kondisinya masih memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, atau ada yang harus diperbaiki. Kondisi supir juga di cek. Untuk menghindari resiko kecelakaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya terminal tersebut, juga dapat meminimalisir adanya lokasi-lokasi terminal bayangan. “Ya, hingga saat ini kita terus memantau keberadaan terminal bayangan di wilayah Bolmong,” terangnya.

Zulfadli Binol mengungkapkan, jika tidak ada aral melintang, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat XX akan menemui Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam rangka membahas fasilitas transportasi di Bolmong. “Pertemuan tersebut dalam rangka membahas apa yang menjadi kebutuhan, terkait transportasi yang ada di Kabupaten Bolmong kepada pemerintah pusat,” tandasnya.