BAGIKAN

BOLMONG – Upaya pemerintah untuk menangkal virus corona terus dilakukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), untuk menghindari penularan wabah Covid 19, memutuskan untuk menunda sementara pelayanan pengurusan dokumen kependudukan.

Hal ini, diungkapkan oleh Kepala Dinas Dukcapil Bolmong, Iswan Gonibala, bahwa Disdukcapil Bolmong masih menghentikan sementara pelayanan pengurusan dokumen kependudukan terhitung mulai besok, Jumat 19 Maret 2020.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tidak sangat urgen, untuk menunda dulu mengurus dokumennya ke Dinas Dukcapil,” ungkapnya, Kamis (19/03/2020).

Ia menyampaikan, bahwa penundaan pelayanan ini berdasarkan imbauan dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. Untuk mari bersama lawan corona, tunda keluar rumah, tunda ke Dukcapil.

Iswan mengatakan, untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan, seperti pengurusan BPJS dan rumah sakit bisa melalui aplikasi pelayanan online atau via nomor WhatsApp (WA) dan sms, agar tidak terjadi penumpukan antrian.

Bagi masyarakat yang sudah sangat membutuhkan dokumen kependudukan, kata Iswan, bisa langsung menghubungi nomor, Kabid Capil 081343552293, 082349027203 dan Kabid pemanfaatan data 081340667660, untuk dilakukan pengurusan.

“Kami akan proses. Jika dokumen sudah selesai, kami akan memberitahukan agar masyarakat tinggal datang menjemputnya. Ini sebagai upaya untuk menghindari adanya antrian maupun kerumunan orang di kantor,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bagi yang tidak terlalu mendesak, agar bisa melakukan pengurusan pada 2 atau 3 pekan ke depan atau awal April 2020, dengan mempertimbangkan kondisi wilayah setempat.

Iswan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama melawan penyebaran Covid 19. “Mari kita kompak. Mari bersama melawan Corona,” singkatnya.