BOLMONG – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) pada tahun 2021 mendatang akan dilakukan penyederhanaan. Selain itu, ada beberapa OPD yang akan bertambah nomenklatur strukturnya.

Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Setda Bolmong, Irlansyah Mokodompit, mengatakan, bahwa di tahun 2021, ada 11 OPD yang akan dilakukan penyederhanaan, serta penambahan struktur di beberapa OPD.

“Tahun 2021, kita masih akan melakukan penyerdehanaan struktur di sebelas OPD, dan ada juga sekitar lima OPD yang akan mengalami penambahan nomenklatur OPD,” kata Irlansyah.

Menurutnya, penyederhanaan ini berdasarkan permintaan dari pemerintah pusat. “Ini kita laksanakan sebagaimana target yang dimintakan pemerintah pusat, agar di tahun 2021 sudah bisa seratus persen struktur OPD di semua daerah,” ujar Irlansyah.

Terkait penambahan nomenklatur di 5 OPD, Irlansyah belum merinci jika OPD apa saja yang akan ada penambahan. Ia hanya mencontohkan seperti
adanya penambahan satu nomenklatur di Inspektorat.

“Kalau penambahan, misalnya tahun depan di Inspektorat nantinya akan ketambahan satu Irban, yakni Irban investigasi. Dengan tugas melakukan investigasi terhadap adanya dugaan penyelenggaraan pemerintah daerah. Dan, hasil investigasi itu bisa direkomendasikan ke aparat penegak hukum. Di sisi lain, mereka mempunyai kewenangan yang besar,” terangnya.

Selain itu kata Irlansyah, nantinya di Sekretariat Daerah (Setda) juga akan ketambahan satu Bagian, yakni Bagian Administrasi Pembangunan yang merupakan hasil pemisahan dari Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang).

“Di Setda nantinya tahun depan akan ketambahan satu bagian. Ketambahan itu karena pemisahan Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan menjadi Bagian Perekonomian-SDA, dan Bagian Administrasi Pembangunan,” tambah Irlansyah.