BAGIKAN

BOLMONG – Usulan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan, yang masuk dalam renja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai dilakukan verifikasi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam menyampaikan, bahwa sebelum masuk pada Musrenbang tingkat Kabupaten, usulan-usulan yang mendapatkan rangking di Murenbang Kecamatan akan dilakukan verifikasi lapangan oleh setiap SKPD yang bersangkutan.

“Jadi setiap SKPD akan turun lapangan, untuk melakukan verifikasi usulan yang masuk dalam perengkingan di Musrenbang tingkat Kecamatan. Verifikasi dilakukan dalam rangka melihat serta memeriksa semua dokumen atau lokasi yang masuk dalam usulan,” ujar Yarlis.

Ia mengatakan, bahwa verifikasi lapangan merupakan salah satu syarat teknis yang menjadi penentu apakah usulan tersebut benar-benar memenuhi syarat.

“Salah satu syaratnya adalah usulan yang masuk dalam perangkingan di tingkat kecamatan akan diverifikasi, sebagai syarat teknis oleh masing-masing SKPD. Apakah usulan tersebut benar dan tidak ada permasalahan,” jelas Yarlis.

Yarlis menambahkan, bahwa hasil dari verifikasi lapangan akan dilakukan penilaian, atau pemberian skor, serta akan disinkronkan dengan pokok-pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sekedar informasi, bahwa 30 anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow, telah menyelesaikan masa reses sidang pertama Tahun 2020 di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).