BOLMONG – Siswa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai menerima bantuan kuota internet gratis dari pemerintah. Paket internet sebesar 35 giga bait (GB) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) ini, nantinya akan digunakan oleh para siswa untuk proses pembelajaran secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, berdasarkan laporan yang masuk ke dinas, sudah banyak siswa yang menerima kuota internet gratis dari Kemendikbud.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya sudah memberi imbauan kepada para guru dan orang tua untuk mengontrol penggunaan kuota internet tersebut. “Kami sudah peringatkan, agar kuota internet yang diberikan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan dalam proses belajar. Jangan digunakan untuk bermain game,” imbaunya.

Renti menegaskan, agar para guru dapat berperan untuk mengawasi penggunaan kuota internet ini. Termasuk peran dari orang tua juga sangat diharapkan. “Guru dan orang tua/wali murid berperan melakukan pengawasan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan internet gratis dari pemerintah ini, dapat menunjang proses belajar siswa secara daring. “Semoga pembelajaran daring akan lebih efektif, setelah adanya bantuan kuota internet dari Kemendikbud ini,” tandasnya.

Renti menambahkan, bahwa saat ini sudah ada tiga sekolah yang menerapkan proses pembelajaran daring secara penuh, yakni SMPK Lolak, Poigar, dan Dumoga. “Sisanya masih menerapkan dua pola, yaitu Luring dan Daring,” pungkasnya.