BAGIKAN

BOLMONG – Serangan hama tikus di areal pertanian kabupaten Bolaang Mongondow masih tergolong aman. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Bolmong, Remon Ratu, Rabu (5/2/2020).

Remon mengatakan, bahwa, Bolmong masih aman terhadap serangan hama tikus. “Serangan hama ke area pertanian di Bolmong masih minim. Iya, masih kurang,” tutur Remon.

Jika dilihat lanjut Remon, Itu hanya di beberapa wilayah saja. Antara lain, Dumoga Tengah dan Dumoga Tenggara, serta populasinya juga masih sangat sedikit.

“Serangan hama tikus ini memulai dari spot-spot tertentu saja, tidak menyeluruh. Di bulan Januari lalu, ada beberapa desa dari laporan yang kena hama tikus, tapi hanya beberapa saja,” ungkap Remon.

Remon mengungkapkan, karena sudah memasuki musim panas, banyak petani yang beralih menanam jagung. Sehingga itu juga yang mempengaruhi hama tikus berkurang menyerang.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan kepada seluruh penyuluh pertanian untuk memberikan pemahaman kepada petani tentang cara menghindari serangan hama dan sebagainya.

“Saya sudah sampaikan kepada penyuluh, agar selalu memberi tahu kepada para petani, terkait serangan hama dan cara penanganannya,” tandas Remon.