BAGIKAN

BOLMONG – Rio Lombone ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Penunjukan Rio sebagai Plt, setelah Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang menyerahkan Surat Keputusan di kantor Bupati, Jumat (17/1/2020).

Penyerahan surat keputusan Plt Inspektur tersebut dihadiri oleh, Asisten 2 Setda Bolmong Zainudin Paputungan, Sekretaris Inspektorat Bolmong Lexy Paputungan, Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Abdussalam Bonde dan Kabid BKPP Ahmad Ijabu.

Tahlis Gallang menyampaikan, bahwa alasan penunjukan Rio Lombone sebagai Plt Kepala Inspektorat, untuk membackup tugas lapangan dalam audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang akan berlangsung dalam waktu dekat. BPK menginginkan agar proses tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan kepada Pemkab Bolmong, paling minimal harus diatas 70 persen.

“BPK sudah berani mengatakan opini Bolmong sudah lebih bagus lagi. Tentunya bagaimana caranya ini bisa diraih, harus ada support terutama dari aspek manajemen. Sehingga kita pilih orang yang punya pengalaman dan biasanya dari inspektorat itu sendiri. Karena waktu kita sudah cukup singkat, untuk masuk pra audit dan audit rinci. Artinya BPK sudah melihat usaha dan niat baik kita,” jelas Tahlis.

Menurutnya, Rio Lombone memback up dari aspek komando manajemennya. sedangkan untuk Pengguna Anggaran (PA) tetap Sekretaris Inspektorat, sebab Rio sudah menjadi PA di Badan Keuangan Daerah (BKD) dan tidak setiap hari juga ada di Inspektorat.

Sementara itu, Rio Lombone, menyampaikan, siap menjalankan tugas yang diberikan pimpinan serta menerima petunjuk dalam keadaan apapun. “Sebagai bawahan siap menerima petunjuk pimpinan dalam posisi apapun. Insya Allah atas ijin Allah SWT tahapan laporan keuangan dan pemeriksaan BPK akan dilewati dengan baik,” Singkatnya.