BOLMONG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) dan koordinator wilayah (Korwil) Kecamatan dilingkungan Dinas Pendidikan, Selasa (24/11/2020) di SMP 1 Lolak.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta, melalui kepala bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Abdulrivai Mokoagow, mengatakan, bahwa rapat tersebut untuk menindak lanjuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, terkait persiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka.

“Sesuai arahan dari bapak Menteri, Pemerintah daerah sudah bisa membuka sekolah untuk kegiatan KBM dengan tatap muka pada Bulan Januari 2021, dengan melakukan berbagai persiapan. Terutama penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah,” ujar Rivai.

Menurut Rivai, untuk persiapan belajar secara tatap muka di Bolmong sedang dalam persiapan. Untuk langkah awal ini, akan dilakukan simulasi khusus kelas 9 SMP se Bolmong.

“Simulasi akan mulai dilaksanakan pada hari Senin (30/11) pekan depan, selama 3 hari. Setiap sekolah mempersiapkan perlengkapan protokol kesehatan, seperti Masker, Face Shield, serta tempat mencuci tangan,” kata Rivai.

Dalam simulasi ini, lanjut Rivai, jumlah siswa diatur. Maksimal perkelasnya 15 sampai dengan 20 siswa. Dan setiap guru wajib mengawasi, mulai dari kedatangan siswa sampai kepulangan siswa. Untuk didalam kelas, agar diatur jarak antara tempat duduk yang satu dengan lainnya.

“Di simulasi pekan depan, kegiatan belajar mengajar akan dimulai pada pukul 07.30 wita, dan selesai pukul 10.00 wita. Untuk jadwal disesuaikan oleh pihak sekolah,” ungkap Mokoagow.

Ia menjelaskan, tujuan dari simulasi ini adalah untuk melihat kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi. Sehingga pada Januari tahun depan, kekurangan yang ada dapat diantisipasi dari sekarang. Untuk belajar tatap muka di sekolah, peran sekolah dan dukungan orang tua siswa juga menjadi penting.

“Setelah simulasi dilaksanakan, maka semua kepala sekolah wajib memberi laporan pelaksanaan kepada Kepala Dinas Pendidikan Bolmong,” tutupnya.