BOLMONG – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, meletakkan batu pertama pembangunan Gudang Corn Drying Center (CDC) atau pusat pengeringan jagung Perum Bulog, Kabupaten Bolmong, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Senin (7/12/2020).

Peletakan batu pertama tersebut, merupakan tanda dimulainya pembangunan salah satu gudang untuk menampung hasil pertanian pasca panen, yang bertempat di Desa Dulangon Kecamatan Lolak.

Pusat Pengeringan Jagung Mulai di Bangun, Sekda Bolmong Lakukan Peletakan Batu Pertama Advertorial Bolmong Headline

Saat memberikan sambutan, Sekda Bolmong, Tahlis Gallang, mengatakan, bahwa Ibu Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengaku sangat bersyukur dengan mulai dibangunnya gudang CDC. Karena impiannya hari ini mulai terealisasikan.

“Melalui saya, ibu Bupati menitipkan pesan bahwa sangat senang karena impiannya hari ini mulai direalisasikan,” ucap Tahlis.

Tahlis mengungkapkan, bahwa saat mengikuti proses Pilbup tiga tahun silam, Bupati Yasti telah berjanji kepada masyarakat, untuk membangun CDC guna memberikan jaminan kepada masyarakat, agar panen jagung mereka tetap aman meski di tengah cuaca yang tidak menentu.

“Dengan adanya CDC atau pusat pengeringan jagung, maka para petani kita termotivasi untuk meningkatkan produksi jagungnya,” kata Tahlis.

Pusat Pengeringan Jagung Mulai di Bangun, Sekda Bolmong Lakukan Peletakan Batu Pertama Advertorial Bolmong Headline

Selain itu lanjut Tahlis, dengan daya tampung 3000 ton/silo, maka tentunya saat CDC itu nanti selesai dibangun, bisa memberikan jaminan kepada petani saat panen.

“Ini bisa menampung bahkan sampai dari luar daerah Bolmong. Efeknya pasti akan meningkatkan ketahanan pangan di Bolmong, serta ini juga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Bolmong,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa Bupati dan Wakil Bupati juga menitipkan pesan siap mendukung proses kelancaran pembangunan ini. “Jangankan lahan 13 hektar yang dihibahkan lalu, tapi semua yang diinginkan untuk proses kelancaran pembangunan ini, Pemerintah Daerah siap untuk membantu,” terang Tahlis.

Sementara itu Noldy Ramayadi, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Administrasi Keuangan Bulog Wilayah Sulut-Go yang mewakili Kepala Kanwil Bulog Sulut-Go mengatakan, gudang CDC itu ditargetkan mulai beroperasi di akhir tahun 2021.

“Target selesai pembangunannya, pertengahan tahun 2021. Jadi gudang CDC ini akan beroperasi di akhir tahun 2021,” jelasnya.

Advertorial