BAGIKAN

BOLMONG – Pra Musrenbang Kecamatan Lolayan dan Kecamatan Dumoga yang dilaksanakan digedung PKK Kecamatan Lolayan, Selasa (28/1/2020) mendapat antusias dari setiap Desa yang hadir. Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Lolayan, Faisal Manopo.

Dalam sambutannya, Camat Lolayan, menyampaikan, bahwa pra Musrenbang Kecamatan kali ini, setiap desa harus menyediakan operator masing-masing Desa, untuk melakukan penginputan usulan didalam sistem.

“Setiap desa membawa laptop yang akan dioperasikan oleh operator setiap Desa. Nanti cara penginputannya akan dipandu oleh tim dari Badan Perancanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),” ujar Faisal.

Ia berharap, agar setiap Desa sudah menyiapkan usulan skala prioritas berdasarkan pada Musyawarah Desa. Nantinya usulan-usalan tersebut akan disinkronkan dengan renja SKPD.

“Karena usulan yang akan dibawa pada Musrenbang Kecamatan, itu hanya 5 usulan. Jadi saat Musrenbang Kecamatan kita tinggal melihat mana usulan-usulan skala prioritas yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Bolmong, Winci Mokorimban, yang mengawal jalannya pra Musrenbang, mengatakan, bahwa pra musrenbang Kecamatan ini, selain untuk menerima usulan-usulan dari musyawarah tingkat desa, juga untuk melakukan sinkronisasi dengan Renja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jadi semua Desa menyiapkan operator, karena sebentar nanti operator di setiap Desa yang akan menginput usulan. Setiap operator Desa akan diberikan username untuk penginputan usulan di user masing-masing Desa,” jelas Winci.

Setelah selesai dari pra musrenbang ini lanjut Winci, setiap Desa yang sudah menginput diuser masing-masing desa, maka mereka berhak meneruskan ke Kecamatan.

“Nanti, pihak Kecamatan yang akan mengklasifikasi kembali sesuai program kegiatan per bidang. Selanjutnya, pada tahapan Musrenbang Kecamatan nanti, Kecamatan yang akan menentukan prioritas setiap desa dan diteruskan ke OPD,” tandasnya.

Diketahui, hadir dalam pra Musrenbang Kecamatan ini, Camat Lolayan, Camat Dumoga, Bappeda Bolmong, Perwakilan OPD, Sangadi dan Seluruh Perangkat Desa.