BOLMONG – Jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang tinggal beberapa hari lagi, Polres Bolaang Mongondow menggelar apel pasukan terkait kesiapan personil dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Apel pasukan dalam rangka kesiapan personil pengamanan TPS operasi kepolisian mantap praja samsat 2020 ini, dilaksanakan di lapangan kantor Bupati Bolmong di Lolak, Senin (07/12).

Dalam apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana, yang dihadiri oleh personil Polri, TNI dan Linmas se Bolmong.

Kapolres Bolmong menyampaikan, bahwa personil yang disiapkan oleh Polri dalam pengamanan di TPS di Kabupaten Bolmong sebanyak 210 personil.

“Jumlah personil dalam pengaman TPS ada 210 personil, yang terdiri dari 60 personil dari Polda Sulut, dan 150 personil dari Polres Bolmong,” ujar AKBP Indra.

Menurut Kapolres, rujukan pengamanan ini adalah Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2011 tentang Manajemen Operasi Kepolisian.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kemudian Peraturan Gubernur Sulut Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Provinsi Sulut.

Rencana Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Samrat 2020” Nomor R/Renops-5/OPS.1.3./2020 tanggal 11 Agustus 2020 dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Polda Sulut.

Turut hadir dalam apel tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Bolmong, Deker Rompas, mewakili Bupati Bolmong. Dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong, Lily Mahmuda.