BAGIKAN

BOLMONG – Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, resmi melantik Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Kecamatan, Selasa (26/11/2019). Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan beberapa pesan dan harapan sekaligus imbauan kepada para Camat yang baru saja di Kukuhkan.

“Pengukuhan tim pora tingkat kecamatan se-kabupaten bolaang mongondow kali ini. Merupakan bagian dari upaya mewujudkan peningkatan ketertiban dan stabilitas keamanan daerah, dalam rangka mengantisipasi pengaruh negatif atas keberadaan dan kegiatan orang asing di kabupaten bolaang mongondow,” Ujar Yasti saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan yang baik ini, kata Yasti. Ada beberapa pesan dan harapan sekaligus imbauan yang ingin saya sampaikan terkait dengan maraknya penggunaan tenaga kerja asing ilegal, perdagangan manusia, narkoba. Bahkan radikalisme dan terorisme, yang merupakan ancaman serius bagi bangsa dan daerah, ungkap Yasti.

Bupati berharap dengan adanya Timpora tingkat Kecamatan ini, diharapkan dapat menguatkan fungsi keamanan sekaligus untuk memaksimalkan pengawasaan terhadap berbagai potensi kejahatan dari warga asing.

“Saya minta kepada para camat yang baru saja dikukuhkan, agar memberikan pemahaman kepada para sangadi dan masyarakat, untuk segera melaporkan apabila terdapat orang asing yang diketahui berada di wilayah kabupaten bolaang mongondow. Secara tidak sah atau dengan sengaja menyalahgunakan perizinan di bidang keimigrasian. Serta bermasalah dalam prosedur keberadaannya,” imbau Yasti.

Bupati juga sangat mengharapkan, agar kepala kantor Imigrasi dan jajarannya, dapat saling bersinergi serta saling tukar pikiran informasi dan berkoordinasi terkait dengan pengawasan orang asing. Dalam rangka menangani masalah keberadaan orang asing dan organisasi masyarakat asing di wilayah kabupaten bolaang mongondow, tandas Yasti.