BAGIKAN

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (11/11/2019) melaksanakan Upacara memperingati hari pahlawan ke 74 yang jatuh pada 10 November. Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow yang bertindak sebagai Inspektur dalam upacara tersebut, membacakan sambutan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Dalam sambutannya, Bupati kembali mengingatkan kepada kita akan peristiwa pertempuran 10 November Tahun 1945 di Surabaya. Yang merupakan peristiwa paling bersejarah dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja. Namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri,” ucap Bupati saat membacakan sambutan.

Bupati juga mengajak kepada peserta upacara untuk menjadikan peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa, menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Jika dulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” ujar Yasti.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan, hendaknya perlu terus ditumbuh-kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

“Dengan menjadikan diri Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa, dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, pemerintah mengajak anak bangsa terus menerus memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Ketua DPRD Welty Komaling, Sekda Tahlis Gallang, para Asisten, Pimpinan SKPD, Camat, Kepala Desa dan seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong, serta para Veteran.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan untuk para veteran serta tabur bunga di pelabuhan Labuang Uki.