BAGIKAN

BOLMONG – Penanaman bunga Tabebuya di median jalan Ibukota Kabupaten, Lolak mulai dilakukan. Penanaman jenis bunga yang berasal dari negara Brasil tersebut, langsung dipimpin oleh Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (21/2/2020).

Dari pantauan portalmongondow.com, tanaman bunga Tabebuya ditanam langsung oleh Bupati Yasti bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yaitu dari Dinas PU dan Dinas Pendidikan Bolmong. Tampak Bupati saat penanaman didampingi oleh Kadis PU Chany Wayong dan Kadis Pendidikan, Renty Mokoginta.

Sebelumnya, pada pekan lalu, tepatnya hari Jumat (14/2) Pemkab Bolmong, yang dipimpin langsung oleh ibu Bupati, melakukan kerja bakti disepanjang median jalan Ibukota, Lolak. Dengan mengerahkan seluruh Perangkat Daerah untuk melakukan penanaman bunga Bougenvile.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, menyampaikan, bahwa penanaman bunga dimedian jalan itu sudah dibagi perblok, dan setiap blok diberikan tanggung jawab kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Agar tanggung jawabnya jelas, jadi dibagi perblok. OPD besar dapat bagian panjang. Seperti Dinas PU 300 Meter dan Dinas Pendidikan itu 200 Meter. Kemudian OPD yang kecil-kecil itu dapat 50 Meter,” kata Yasti.

Bunga Tabebuya ini kata Yasti, dipesan langsung dari Jakarta, sebanyak 270 pohon. Dan sudah berada di Rumah Dinas (Rudis) sejak minggu yang lalu. Tetapi belum langsung ditanam. Karena masih menyesuaikan dengan kondisi udara di Lolak.

“Bunga Tabebuya itu berasal dari Brasil, yang hidup di daerah panas. Tabebuya cocok untuk kondisi di Lolak, karena bunga ini tahan terhadap panas. Sama seperti bunga Bougenvile,” ungkap Yasti.

Untuk penanaman bunga Tabebuya ini, Yasti menyampaikan, akan di atur. Mulai dari jarak antara pohon yang satu dengan pohon yang lainnya. “Bunga Tabebuya kita akan tanam dengan jarak 15 Meter. Akan tetapi, untuk awal ini kita tanam dengan jarak 30 Meter. Karena kesulitan untuk menembus aspal,” imbuh Yasti.