BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (20/10/2020) menerima kunjungan kerja (Kunker) Pjs Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Dr Hi Praseno Hadi MM Ak CA, bersama dengan jajaran Pemkab Bolsel.

Pjs Bupati Bolsel bersama rombongan diterima langsung oleh Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, di pendopo kantor Pemkab Bolmong bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM, Asisten I dan II, serta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam kunjungan tersebut Bupati Yasti menyambut hangat kedatangan Pjs Bupati Bolsel dengan penuh kekeluargaan. “Selamat datang di Kabupaten Bolmong, Pjs Bupati Bolsel beserta jajarannya. Dega’ Niondon Kita Komintan,” ucap Yasti, dengan sapaan adat Bolaang Mongondow.

Bupati Yasti dalam sambutannya, mengatakan, bahwa kita semua ini bersaudara, hanya saja terpisah secara administrasi terkait pemerintahan dan pembangunan di wilayah masing-masing.

Yasti menyampaikan, Kabupaten Bolmong merupakan induk dari tiga Kabupaten dan satu Kota yang ada di Bolmong Mongondow Raya (BMR), dengan luas wilayah kurang lebih 4080 kilometer persegi.

“Hampir 30% luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah Kabupaten Bolmong dengan jumlah penduduk kurang lebih 250.783 jiwa, yang tersebar di 15 Kecamatan, 200 Desa dan 2 Kelurahan,” ungkap Yasti di hadapan Pjs Bupati Bolsel.

Menurutnya, Kunker Pjs Bupati dan jajaran Pemkab Bolsel kali ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahim serta menguatkan kembali hubungan sinergitas antara Pemkab Bolsel dan Pemkab Bolmong.

“Memang ada sedikit kesulitan menjadi daerah induk, tapi Alhamdulillah dari tiga kabupaten dan satu kota yang ada di BMR, Kabupaten Bolsel yang pertama kali menyelesaikan urusan permasalahan aset,” kata Yasti.

Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kota Kotamobagu lanjut Yasti, dalam waktu dekat akan segera menyusul. Begitu juga dengan Kabupaten Boltim, yang saat ini dijabat oleh pejabat sementara, semoga juga dapat segera menyelesaikan.

Sementara itu, Pjs Bupati Bolsel Dr Hi Praseno Hadi, mengucapkan banyak terimaksih kepada Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, yang sudah mau menerima dan menyambut kedatangan kami di Kabupaten Bolmong.

“Terimakasih, saya dan Bupati Yasti sudah lama berteman. Oleh karena itu, kedatangan saya dan jajaran Pemkab Bolsel kali ini selain bersilaturahim dalam kekeluargaan, juga sebagai penguatan kembali sinergitas antara Pemkab Bolsel dan Pemkab Bolmong,” tuturnya.

Praseno Hadi mengungkapkan, bahwa Kabupaten Bolmong adalah induk dari tiga Kabupaten dan satu Kota, sehingga kunjungan kerja kali ini bisa di ibaratkan sebagai anak yang datang menyapa dan bersilaturahim dengan ibunya.

“Betul kata Bupati Bolmong, kita ini sama satu keluarga yang terpisah administrasi pemerintahan. Sehingga menurut saya, permasalahan aset yang telah selesai antara Pemkab Bolsel dan Pemkab Bolmong adalah bentuk nyata dukungan anak kepada ibunya,” ucapnya.