BAGIKAN

BOLMONG – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan Swab test, Kamis (27/08/2020). Swab masal yang dilaksanakan di Lolak, kantor Bupati ini, merupakan komitmen pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penularan virus corona.

Nampak para pejabat struktural lingkungan Pemkab Bolmong, antri untuk pengambilan sampel Swab. Pejabat yang pertama diambil Swab adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang, kemudian di ikuti oleh masing-masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama dengan ASN lainnya.

Pemkab Bolmong Pertama di BMR Lakukan Swab Massal Bagi ASN Advertorial Bolmong Headline Terkini
Foto Sekda Bolmong sedang bersiap-siap diambil Swab

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, dr Erman Paputungan, menyampaikan, bahwa pengambilan Swab test bagi para pejabat dan ASN Bolmong ini, merupakan kerja sama antara tim gugus tugas dari pemerintah daerah dan satgas Covid-19 Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi, serta Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado.

Erman mengatakan, bahwa Swab test masal ini sasarannya adalah kelompok yang rentan terhadap Covid-19. Seperti perkantoran, pasar dan tempat – tempat umum lainnya. Untuk langkah awal ini di mulai dari pusat perkantoran setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bolmong.

Pemkab Bolmong Pertama di BMR Lakukan Swab Massal Bagi ASN Advertorial Bolmong Headline Terkini
Foto ASN Bolmong yang sedang diambil Swab melalui hidung dan tenggorokan

“Tahap pertama ini, kita mulai dari perkantoran di setiap SKPD, karena mobilitasnya tinggi. Selain itu juga, ini sebagai contoh bagi masyarakat, bahwa pengambilan Swab test ini diawali dari pemerintah dan semua stekholder yang ada” ungkapnya.

Swab test ini kata Erman, pertama kali dilaksanakan di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) dan tidak dipungut biaya. “Swab test ini gratis. Untuk wilayah BMR, Pemkab Bolmong yang pertama kali melakukan Swab secara masal bagi ASN,” ujarnya.

Untuk sampel Swab tersebut lanjut Erman, akan dibawa ke laboratorium BTKLPP kelas I Manado untuk dilakukan pemeriksaan. “Jika tidak ada kendala, pekan depan hasil Swab-nya, sudah ada. Mudah-mudahan hasilnya semua negatif,” tuturnya.

Erman menambahkan, Swab test selanjutnya, masih menunggu hasil pemeriksaan dari BTKLPP, kemudian dilanjutkan dengan menyasar kelompok lainnya yang rentan terhadap Covid-19.

 

Advertorial