BAGIKAN

BOLMONG – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong)
untuk memutus mata rantai penularan virus corona terus dilakukan, mulai dari sosialiasi dan anjuran untuk menggunakan masker bagi masyarakat Bolmong. Salah satunya dengan melakukan Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker).

Pelaksanaan kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow di pendopo kantor Bupati pada Rabu (16/09/2020), dan melibatkan seluruh pengurus Tim Penggerak PKK.

Bupati Yasti dalam sambutannya, menyampaikan, gebrak masker merupakan amanah Presiden Republik Indonesia melalui kementerian dalam negeri kepada tim penggerak PKK, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Memakai masker merupakan suatu kebiasaan baru di tahun 2020.

“Gebrak Masker tahun 2020 ini adalah amanah Presiden kepada Tim penggerak PKK, karena PKK dinilai mempunyai peran penting melalui jejaringnya hingga di tingkat Desa, serta berpotensi menjadi penggerak roda pembangunan, pendidikan, kesehatan dan bidang penting lainnya,” ujar Yasti.

Gerakan pembagian masker ini kata Yasti, sebelumnya sudah dilakukan oleh Pemkab Bolmong pada awal pandemi, yaitu melalui Dinas kesehatan dan Dinas Koperasi dan UKM, namun setelah memasuki tatanan baru atau new normal ini, tingkat kepatuhan masyarakat memakai masker mulai menurun, dan itu adalah prinsip yang salah.

“Kita harus menyadari, bahwa menggunakan masker adalah melindungi diri kita dari penularan Covid-19. Untuk itu saya berharap kepada seluruh kader PKK dari tingkat kabupaten sampai tingkat Desa, untuk mengedukasi sekaligus menyadarkan masyarakat akan pentingnya memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yaitu menjaga jarak, sering mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” tandas Yasti.

Usai memberikan sambutan, Bupati Bolmong menyerahkan masker kepada ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolmong, ibu Lesly Lanny Kaligis, untuk disebarkan di setiap Desa hingga ke masyarakat.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut masing-masing, Ketua Dharma Wanita, Ketua Persit Kodim, Ketua Bhayangkari, Ketua Ikatan Istri DPRD Bolmong, Ketua PKK dan Anggota PKK.