BAGIKAN

BOLMONG – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terkait keterbukaan informasi publik dan pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan. Ini dibuktikan dengan tersedianya Ruang Data yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolmong yang bertujuan untuk mengontrol program-program dan pelayanan instansi yang ada dilngkup pemerintah daerah Kabupaten Bolmong.

Tak hanya itu, warga juga bisa mengadukan jika ada indikasi praktek Pungutan Liar (pungli) yang dilakukan oleh salah satu instansi terkait dengan pelayanan. Warga bisa mengadukan hal tersebut melalui aplikasi atau langsung mengakses website bolmongkab.go.id

Kepala Dinas Kominfo Bolmong Parman Ginano melalui Kabid Penyelenggaraan e-Government, Marief Mokodompit, mengatakan, bahwa dalam website Bolmongkab tersebut sudah tersedia layanan pengaduan masyarakat yang langsung terintegrasi dengan kementerian.

“Itu langsung terintregrasi dengan SPAN (Sistem pengelolaan pengaduan public nasional) serta Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (Lapor) yang juga terintegrasi dengan Kemenpan-RB, dan Satuan tugas (Satgas) siber pungli, langsung terintegrasi dengan Kemenkopolhukam,”ujar Mokodompit, Rabu (11/12/2019).

Ia juga menambahkan, selain aspirasi juga aktif di website untuk keluhan-keluhan dan informasi. “Apapun yang dikeluhkan bisa terpantau langsung di kementrian, hingga bagaimana proses tindaklanjut pemerintah daerah itu sendiri,” ujarnya.

Mokodompit juga menjelaskan, bahwa implementasi sistem informasi berbasis elektronik sudah diatur lewat Undang-Undang (UU) Pepres No 95 tahun 2018. Dan UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. “Jika ada keluhan maupun penyampaian aspirasi, bisa langsung membuka aplikasi kami Bolmongkab,go id. Itu aktif selama satu kali 24 jam,” tandasnya.