BOLMONG – Bantuan sosial (Bansos) tahap IV (Empat) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) sedang dalam tahap perampungan. Bantuan penanganan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19, yang terdiri dari Beras dan sejumlah paket bahan pokok tersebut, direncanakan akan mulai disalurkan pada Bulan Agustus ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), I Nyoman Sukra, ketika dihubungi, mengatakan, bahwa pihaknya saat ini masih sementara mempersiapakan bantuan tersebut. Karena Bansos tahap empat ini, akan di sesuaikan dengan nilai bantuan dari pemerintah pusat.

“Kalau semuanya sudah rampung, akan segera kita salurkan bantuan tahap ke empat,” ucap Sukra, saat dihubungi melalui sambungan telpon, Senin (03/08/2020).

Ia menyampaikan, pihaknya juga telah melakukan pembahasan terkait penyusaian bantuan pangan dengan bantuan yang diberikan pemerintah pusat, dimana sudah ada perubahan nilai dari tiga bulan sebelumnya sebesar Rp.600.000 menjadi Rp.300.000.

Sukra menjelaskan, untuk penyesuaian bantuan ini nantinya berdampak juga pada besaran bantuan bahan pangan yang ditangani oleh APBD Tahun Anggaran 2020. Pasalnya, Pemkab Bolmong telah melakukan penataan anggaran dengan menyesuaikan bantuan yang diberikan pemerintah pusat sebesar Rp 600.000 selama 9 bulan.

“Pada awal penataan, Pemkab Bolmong telah menata besaran bantuan bahan pangan ini menyesuaikan dengan pusat sebesar Rp 600.000. Itu dilakukan guna keadilan bagi seluruh penerima. Kan BLT dan BST Rp 600.000, oleh karena itu penerima lainnya seperti BPNT kita subsidi supaya besarannya sama. Tapi untuk tahap empat sudah berubah, dan kita juga menyesuaikan,” jelas Sukra.

Dengan perubahan besaran tersebut, lanjut Sukra, maka berdampak juga pada anggaran yang difokuskan untuk bantuan pangan. Oleh karena itu, Pemkab Bolmong berinisiatif untuk menambah jumlah penerima.

“Ada 800 KK (Kepala Keluarga) tambahan usulan desa-desa. Penambahan 800 KK ini adalah masyarakat tidak mampu yang belum terakomodir sama sekali bantuan. Nantinya, mereka akan diakomodir mulai dari penyaluran tahap empat hingga bulan Desember nanti. Datanya itu, dari dinas sosial,” tambahnya.