BOLMONG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah membuka penerimaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut), yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk mematangkan persiapan perekrutan pengawas di setiap TPS tersebut, Bawaslu Bolmong menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bersama dengan Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Senin, (05/10/2020).

Pimpinan Bawaslu Bolmong Erni Mokoginta Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Data dan Infomasi, menyampaikan, bahwa Rakernis bersama dengan Panwascam ini, membahas terkait proses perekrutan pengawas TPS di setiap Desa.

Ia berharap kepada Panwascam, agar proses perekrutan pengawas TPS harus sesuai dengan Juknis dari Bawaslu RI. “Perekrutannya berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya, seperti pada Pemilu yang lalu. Kali ini proses perekrutannya lebih lama, apa lagi dengan kondisi pandemik Covid-19,” ungkapnya.

Karena dalam proses perekrutan ini kata dia, selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap calon yang mendafatar, harus bersedia untuk di rapid test. Hal itu dilakukan untuk mencegah serta memutus mata rantai penyeberan Covid-19.

“Semoga yang terpilih menjadi Pengawas TPS adalah orang-orang yang memiliki integritas serta kemampuan untuk mengawasi proses Pilkada, saat pungut hitung nanti dan punya tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Pengawas TPS,” pungkasnya.