BOLMONG – Jelang akhir tahun 2020 Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan melakukan evaluasi kinerja kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek).

Evaluasi tersebut dilakukan berdasarkan kinerja dari para Kepsek. Terutama kepada beberapa yang sudah memasuki masa pensiun. Selain itu, ada juga yang telah melebihi batas waktu menjabat.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta, mengatakan, bahwa mutasi bagi para Kepsek dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini, dalam rangka penyegaran.

Ketika ditanya terkait kapan Mutasi ini dilaksanakan, Renti masih enggan memberitahukan. “Yang jelas dalam waktu dekat ini, tinggal menunggu perintah pimpinan,” beber Renti.

Ia mengungkapkan, bahwa ada beberapa kepala sekolah yang akan di evaluasi. Untuk mutasi kali ini akan dilakukan secara bertahap.

“Ada sekitar 20 Kepsek yang akan dievaluasi, namun masih akan dilakukan kajian yang mendalam sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” kata Renti.

Selain evaluasi Kepsek lanjut Mokoginta, pihaknya juga akan melakukan distribusi tenaga pendidik untuk pemerataan di masing-masing Sekolah sesuai dengan kebutuhan.

“Selain mutasi kepala sekolah, distribusi guru untuk kepentingan pemerataan juga akan dilakukan,” ungkapnya.

Karena menurut dia, masih banyak sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar. Terutama di wilayah pelesok yang masih sangat kekurungan guru.

“Hal ini dilakukan agar kualitas belajar mengajar bisa lebih baik lagi ke depan dan merata. Untuk itu prioritas pemerataan guru akan kita lakukan,” pungkasnya.