BAGIKAN

BOLMONG – Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah siap. Hasil laporan tersebut sebagaimana disampaikan oleh kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Bolmong, Muhammad Arif.

Arif menyampaikan, bahwa LPPD Pemkab Bolmong Tahun 2019 semuanya sudah siap, tinggal menunggu untuk dilakukan pemeriksaan. “Kami siap untuk dilakukan pemeriksaan terhadap LPPD tahun 2019. Kalau pun pemeriksaannya dilakukan melalui via daring atau vidcon, kami pun sudah men-scan seluruh draf LPPD untuk dikirim jika tim pemeriksa meminta via daring,” ujarnya.

Terkait kapan jadwal pemeriksaannya kata Arif, sejauh ini belum ada pemberitahuan, baik dari tim Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) maupun dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jika merujuk pada Permendagri terkait tahapan pemeriksaan LPPD, maka pada pemeriksaan seharusnya telah dilakukan pada akhir bulan Juli lalu. Tetapi, sampai saat ini belum ada informasi kapan kepastian pemeriksaannya. Biasanya, seminggu sebelum pemeriksaan, tim pemeriksa sudah memberitahukan kepada kami,” terang Arif.

Ia menambahkan, akan terus berupaya untuk mengoptimalkan serta memaksimalkan nilai LPPD ini, agar memperoleh penilaian yang lebih baik lagi, serta mendapatkan hasil yang signifikan. Semua itu, tentu tidak lepas juga dari hasil capaian kinerja dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami berupaya dan berharap ada peningkatan nilai yang akan diberikan oleh Kemendagri. Memang ada capaian yang signifikan dari setiap OPD dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, ada juga yang masih perlu dipacu,” jelas Arif.