BAGIKAN

BOLMONG – Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahun 2019, telah selesai diperiksa. LPPD adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1 (satu) tahun angaran berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang disampaikan kepala daerah kepada pemerintah pusat. LPPD yang dilaporkan harus sedapat mungkin menggambarkan kondisi nyata kinerja Pemerintah Daerah.

Pemkab Bolmong melalui, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Bolmong, Muhammad Arif SSTP, menyampaikan, bahwa LPPD tahun 2019 Pemkab Bolmong selesai di periksa oleh Inspektorat Provinsi Sulut.

Selanjutnya, hasil pemeriksaan tim Inspektorat tersebut akan kembali diperiksa oleh tim yang dibentuk oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan poin dan rangking nilai hasil pemeriksaan.

“Untuk pemeriksaan LPPD tahun 2019 oleh tim inspektorat provinsi sudah tuntas. Selanjutnya tinggal menunggu pemeriksaan dari tim yang dibentuk oleh Kemendagri,” ujar Arif.

Menurut dia, bahwa pihaknya telah berupaya untuk menyajikkan laporan sesuai pedoman yang diberikan oleh pemerintah pusat. Terkait hasil pemeriksaan, baik dari provinsi maupun Kemendagri, Pemkab Bolmong optimis bisa meraih nilai yang positif.

“Kami telah berupaya dan berharap ada peningkatan nilai yang akan diberikan oleh Kemendagri. Memang ada capaian yang signifikan dari setiap OPD dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, ada juga yang masih perlu dipacu,” tandasnya.