BAGIKAN

BOLMONG – Korban Kebakaran di Desa Mopait, Kecamatan Lolayan mendapat perhatian serius dari salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Febrianto Tangahu, dari Partai Nasdem Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kecamatan Lolayan.

Anto, sapaan akrab masyarakat Kecamatan Lolayan ini, langsung turun dan bersilaturahmi dengan keluarga korban, Senin (25/11/2019). Dalam kesempatan tersebut, selain bersilaturahmi, Anto juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga korban. “Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban yang dialami oleh keluarga korban,” tutur Anto.

Menurutnya, kejadian yang menimpa warga masyarakat Desa Mopait tersebut, merupakan tanggung jawab kita sebagai perpanjangan tangan dari masyarakat Lolayan yang duduk di DPRD. “Sebagai anggota DPRD dari Dapil Lolayan, ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab. Apalagi pada saat kejadian tak ada satupun barang milik korban yang dapat diselamatkan,” ucap Anto.

Lebih lanjut Anto menyampaikan, agar Pemerintah Daerah melalui Instansi terkait, agar dapat memperhatikan keluarga korban yang tertimpa musibah Kebakaran tersebut. “Saya meminta kepada Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Bolmong, untuk dapat memberikan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di Desa Mopait,” ujar Anto.

Disisi lain, Anto berharap agar Pemerintah Daerah, juga dapat memikirkan bagaimana caranya agar armada Pemadam Kebakaran dapat ditambah, untuk mengantisipasi kejadian-kejadian kebakaran diwilayah Bolmong. “Pemerintah Daerah secepatnya memikirkan bagaimana agar armada Pemadam Kebakaran dapat bertambah. Karena setau saya armada Damkar di Bolmong hanya satu unit. Tentu kalau hanya satu pemadam kebakaran, tidak akan mungkin dapat menjangkau wilayah Bolmong yang cukup luas,” Tandas Anto.

Sementara itu, keluarga korban kebakaran, Junaidi Toloy (39), menyampaikan banyak terima kasih kepada anggota DPRD Febrianto Tangahu, karena sudah datang melihat langsung keadaan keluarga kami yang tertimpa musibah kebakaran. “Saya mewakili keluarga mengucapkan limpah sukur dan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuan dari bapak Anto. Semoga bantuan yang diberikan mendapat imbalan setimpal dari Allah SWT,” ucap Junaidi.

Terpisah, Kaban BPBD Bolmong, Haris Dilapanga, ketika ditemui diruang kerjanya, menyampaikan, bahwa pihaknya sudah turun melakukan assessment di lokasi kejadian. “Kemarin, saya sudah memerintahkan tim, untuk turun melakukan assessment dilokasi kejadian. Muda-mudahan satu dua hari ini kami akan turun menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran,” Singkat Haris, Senin (25/11/2019). Ia menambahkan, bantuan dari BPBD nanti akan di sesuaikan dengan stok logistik yang ada. Pihaknya juga akan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk pemberian bantuan, tambahnya.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial, Haris Bambela ketika dihubungi, mengatakan, bahwa secepatnya akan menyalurkan bantuan korban kebakaran di Desa Mopait. “Ya, besok dari Dinsos akan turun memberikan bantuan kepada keluarga korban yang terkena musibah kebakaran,” imbuh Bambela.