BAGIKAN

BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (02/06/2020) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Rapat yang dilaksanakan di gedung DPRD, ruang komisi III tersebut, membahas terkait dengan tindaklanjut dan realisasi hasil refocusing anggaran penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Tahun 2020.

Rapat dengar pendapat ini, berdasarkan kesimpulan hasil rapat internal Komisi III DPRD serta agenda kerja komisi III. Hadir dalam rapat tersebut masing-masing kepala Dinsos Abdul Haris Bambela, kepala Dinkes, dr Erman Paputungan dan kepala DKP I Nyoman Sukra.

Sekretaris Komisi III DPRD Bolmong, Supandri Damogalad, yang memimpin rapat langsung mempertanyakan kepada masing-masing kepala Dinas terkait untuk menjelaskan soal penanganan hingga realisasi anggaran bantuan yang dikucurkan bagi warga yang terdampak Covid-19 di Bolmong.

“Sudah sejauh mana penanganan Covid-19, serta bantuan beras, Alat Pelindung Diri (APD) dan bantuan sembako. Sebaiknya, ada data center,” kata Supandri.

Sekretaris komisi III ini menyampaikan bahwa, memang tanpa pemberitahuan ke DPRD Bolmong, Pemerintah daerah punya imunitas untuk geser anggaran. Akan tetapi DPR punya hak pengawasan, sehingga apa yang menjadi hasil temuan dilapangan tentu akan kami tanyakan kepada instansi terkait.

Kadis Kesehatan Erman Paputungan mengatakan, untuk dinas kesehatan hasil refocusing anggaran yang digeser sekitar Rp 3,3 milyar lebih. Terkait soal pembagian APD pihaknya turun langsung membagikan kepada semua Puskesmas di 15 Kecamatan.

“Saya juga klarifikasi soal pembagian APD yang katanya tidak merata. Terus terang untuk APD khusus Kapus Bolaang sampai Poigar saya turun langsung memberikan bantuan. Saya sudah tiga kali turun di Kapus, tapi kami akui adanya keterbatasan APD, jadi tidak benar ada Kapus yang dianaktirikan,” ungkapnya.

Erman menjelaskan, bahwa dalam pengadaan barang untuk APBD 2020 terkait APD dan lain-lain, itu dilakukan oleh penyedia atau pihak ketiga. “Ada penyedia barang dan tentu dilakukan secara prosedur yang ada,” jelas Erman.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan I Nyoman Sukra mengatakan, bantuan sudah selesai diserahkan. Sementara untuk tahap dua rencananya pekan ini akan disalurkan. “Semua saran dari anggota dewan akan diterima,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Dinsos Abdul Haris Bambela, bantuan sudah disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19. “Semua sudah disalurkan,” ucapnya.

Rapat Dengar Pendapat itu dihadiri oleh Anggota Komisi III masing-masing, Sulhan Manggabrani dari partai Golkar, Febrianto Tangahu dari partai Nasdem, Viktor Lumampow dari PDIP, serta Satira Manoppo dari PKB dan sekretariat DPRD Bolmong.

Advertorial