BOLMONG – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), La Nyalla Mattalitti, siap mendorong pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR). Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD RI, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Selasa 17 November 2020.

“Saya menyatakan akan mendorong pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran Provinsi di Bolaang Mongondow Raya sebagaimana aspirasi masyarakat di sini,” ujar La Nyalla, saat memberikan sambutan di Rumah Dinas Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak.

Ketua DPD RI periode 2019 – 2024 ini, mengatakan, merasa sangat bersemangat melihat antusias Pemerintah Daerah dan masyarakat Bolaang Mongondow untuk mewujudkan provinsi BMR.

“Semangat yang ada di dalam diri kita masing-masing adalah bagaimana caranya BMR akan segera menjadi provinsi. Jadi tidak usah khawatir. Memang keadaan yang ada itu sedang di moratorium. Tapi urutan pertama dari moratorium itu adalah BMR yang akan dibuka. Selain dari Papua,” ungkapnya.

Sebagai informasi, bahwa kunjungan kerja Ketua DPD RI ke Kabupaten Bolmong ini merupakan rangkaian lawatan DPD RI ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua DPD RI, didamping oleh Ketua Komite I DPD RI, Ketua BAP DPD RI, Ketua PPUU DPD RI, Waki Ketua, Anggota DPD RI asal Sulut Cherish Hariete Mokoagow, dan Anggota DPD RI lainnya, serta Staf Ahli dan Staf Khusus DPD RI.

Rombongan Ketua DPD RI ini didamping oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dan di sambut secara adat serta tarian khas adat Bolaang Mongondow serta upacara adat itum-itum yakni, munajat doa keselamatan.