BOLMONG – Kelompok budidaya ikan air tawar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima bantuan benih ikan nila. Bantuan tersebut langsung di salurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, melalui Dinas Perikanan, Jumat (24/07/2020).

Kepala Dinas Perikanan Bolmong, Wahyudin Gonibala, menyampaikan, bahwa bantuan benih ikan air tawar ini merupakan usulan dari Pemkab Bolmong kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Tatelu, Sulut, Tahun 2020.

“Bantuan tersebut, untuk meningkatkan produksi dan ketersediaan pangan hasil perikanan budidaya ikan air tawar di Kabupten Bolmong,” ujar Gonibala.

Ia mengatakan, ada 10 kelompok di Kabupaten Bolmong yang menerima bantuan bibit ikan dari Balai Budidaya Air Tawar, Tatelu. Masing-masing kelompok mendapatkan benih ikan nila dan pakan.

“Setiap kelompok menerima 25 ribu ekor bibit ikan nila. Selain benih, ada berapa kelompok juga yang mendapat calon induk ikan nila, sesuai dengan permintaan kelompok penerima,” kata Wahyudin.

Lanjutnya, kelompok penerima ini berasal dari Desa Tungoi Kecamatan Lolayan, Desa Mopait Kecamatan Lolayan, Desa Tanoyan Utara Kecamatan Lolayan, Desa Bulud Kecamatan Passi Barat, Desa Wangga Kecamatan Passi Barat, Desa Uuwan Kecamatan Dumoga Barat, dan Desa Bantik Kecamatan Bolaang Timur.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Agar memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Apalagi di situasi pandemi Covid-19, yang berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi kelompok budidaya ikan air tawar di Kabupaten Bolmong, serta dapat meningkatkan hasil produksi ikan di tengah pandemi Covid-19,” ucapnya.