BOLMONG – Tim pengawasan orang asing (Timpora) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar rapat koordinasi bersama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kotamobagu, Selasa (18/08/2020).

Rapat yang di laksanakan digedung Ramadina, Lolak tersebut merupakan tindak lanjut dari terbentuknya tim pengawasan orang asing berdasarkan surat keputusan kepala kantor Imigrasi kelas II Non TPI Kotamobagu, Usman SE MH, pada tanggal 13 Agustus 2020.

Asisten I Pemkab Bolmong, Deker Rompas, yang membuka rapat tersebut, menyampaikan, bahwa pengawasan orang asing di Kabupaten Bolmong bukan hanya kewenangan dari kantor Imigrasi, akan tetapi menjadi tanggung jawab juga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengawasi orang asing.

“Tugas dan fungsi Timpora dalam pengawasan orang asing sangat penting. Sangat dibutuhkan koordinasi antar instansi terkait keberadaan orang asing di Kabupaten Bolmong,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu, Usman SE MH, mengatakan, Timpora merupakan Lembaga yang terdiri dari Instansi dan lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing.

Terkait tugas dan fungsi Timpora, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham, Ganda Samosir, SH MH, yang turut hadir dalam rapat tersebut, menjelaskan, bahwa Tupoksi Timpora telah diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Ham RI Nomor 50 Tahun 2015.

“Mekanisme kerja Timpora diantaranya berjenjang dan melibatkan masyarakat, seperti saling tukar informasi, serta pembuatan peta pengawasan dan kewenangan berdasarkan tupoksi masing-masing instansi,” jelasnya.

Diketahui, hadir dalam rapat tersebut, masing-masing, Kepala Badan Narkotika Bolmong Listiyawan, Asisten III Setda Bolmong, Ashari Sugeha yang juga Plt Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Capil Bolmong, Iswan Gonibala, Kepala Disnaker Bolmong, Ramlah Mokodongan, Kabid PIKP Kominfo Bolmong, Dinas Pendidikan, serta DPMTSP Bolmong, dan Pasi Intel Kodim Bolmong.