BAGIKAN

BOLMONG – Atlet Bolaang Mongondow (Bolmong) dari cabang olahraga Wushu, torehkan prestasi membanggakan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut ke X yang berlangsung di Kota Bitung. Dari informasi yang diperoleh portalmongondow.com, cabang olahraga Wushu yang dipertandingkan. Atlet Bolmong berhasil menambah koleksi perolehan medali emas, perak dan perunggu.

Berdasarkan laporan tertulis dari Koordinator kontingen Bolmong, I Wayan Mudiyasa, Senin (9/12/2019) menyampaikan, bahwa atlet Wushu putra dan atlet putri berhasil menyumbangkan 2 medali emas serta 2 medali perak dan 2 medali perunggu.

“Dua medali emas tersebut diraih oleh atlet Wushu putra, Rivaldo Suruh, peraih medali emas taolu tradisional Putra, sebagai mahasiswa Unima. Dan atlet Wushu putri Dhea Meyrizka Zhafirha Witono, peraih medali emas di kelas sanda 56 kg putri sebagai siswa SMA Swadharma Mopugad,” ujar Mudiyasa.

Sedangkan medali perak, diraih oleh atlet putra dan putri, kata Mudiyasa masing-masing, Natanael Lumintang, peraih medali perak kelas sanda 65 kg putra sebagai siswa SMK Negeri 1 Mopuya. Dan Cici Marselina Baranoy, peraih medali perak kelas sanda 52 kg putri sebagai siswa SMK Negeri 1 Mopuya.

“Untuk medali perunggu, diraih oleh atlet putri, Gloria Debora Suruh, peraih medali perunggu kelas taolu standar putri, sebagai mahasiswa semester akhir Unima. Serta Gusti Ayu Silawati sebagai peraih medali perunggu kelas sanda 45 kg putri yang merupakan siswa SMA Swadharma Mopugad,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mudiyasa, menjelaskan bahwa, kesuksesan para atlet wushu Bolmong dalam meraih prestasi di ajang Porprov kali ini, merupakan peran serta dari seorang pelatih yang profesional.
“Para atlet Wushu Bolmong ini dilatih oleh, Ridel Suruh, yang berprofesi sebagai ASN dengan memiliki segudang pengalaman di cabang olahraga Wushu,” ungkapnya.

Hebat, Atlet Wushu Bolmong Raih 2 Medali Emas, Perak & Perunggu Bolmong Headline Terkini
Pelatih Wushu Bolmong Ridel Suruh

Pelatih atlet Wushu Bolmong ini, kata Mudiyasa, adalah guru olahraga di SMK Negeri 1 Dumoga. Selain sebagai pelatih, ia juga pernah menjadi wasit serta juri di ajang bergengsi seperti, Kejurnas Wushu Junior, Kejurnas Wushu Senior, PON, Prapon dan Asean Games, beber Mudiyasa.

Berikut profil singkat dari pelatih Wushu Bolmong, Ridel Suruh ;

Penataran Wasit/Juri :
1. Brastagi Medan Sumut 2010
2. Hotel Polonia Medan 2016

Tugas sebagai Wasit/Juri :
1. Kejurnas Wushu Junior di Riau 2012
2. Kejurnas Wushu Junior Yogyakarta, 2013
3. Prapon Wushu Senior Bandung Jawa Barat 2015
4. PON Jawa Barat 2016
5. Prapon Remaja Babel 2016
6. Kejurnas Senior Junior Semarang 2017
7. Kejurnas Senior Junior Piala Presiden RI Yogyakarta 2018
8. Asian Games Jakarta 2018
9. Prapon Babel 2019.

Tugas sebagai Pelatih :
1. Pelatih Kepala Prapon Semarang 2019.