BAGIKAN

BOLMONG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dari Dapil 6, Muhammad Syahrudin Mokoagow menggelar Reses perdana masa sidang 1, di Desa Doloduo Induk Kecamatan Dumoga Barat, Rabu (19/2/2020).

Hadir dalam reses tersebut, Camat Dumoga Barat, Malpin Dako, Camat Dumoga Tengah, Irmansyah Makalalag, Kepala Sekolah SD dan SMP dan Kepala Desa bersama dengan perangkat serta tokoh masyarakat.

Muhammad Syahrudin Mokoagow, dalam reses tersebut menyampaikan, bahwa reses merupakan bagian dari agenda rutin wakil rakyat, yang sudah diatur dalam peraturan pemerintah. “Ini salah satu mekanisme yang diatur untuk menyerap aspirasi publik,” ujar Mat sapaan akrab.

DPRD Bolmong Muhammad Syahrudin Mokoagow Gelar Reses Bolmong Headline Terkini

Menurutnya, setiap usulan dari tiap desa pada saat Musrenbang Kecamatan, akan semuanya diperjuangkan lewat pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD. Dirinya berharap, agar usulan yang masuk dalam skala prioritas dapat menyentuh banyak kepentingan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD dari fraksi PKS ini, menjelaskan tentang mekanisme usulan yang masuk dalam skala prioritas dan alur penganggaran. Salah satunya yang paling penting adalah usulan dari tiap desa harus dipastikan masuk dalam renja SKPD.

Ia menambahkan, bahwa hasil reses ini yang kemudian akan menjadi dasar-dasar pokok pikiran DPRD. Ruang reses adalah ruang perencanaan. Salah satu sistem untuk menyerap aspirasi di dapil masing-masing. Nantinya hasil Reses akan ditindak lanjuti di lembaga legislative di tingkat Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Mat Mokoagow usai memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian setiap kepala desa dan kepala sekolah yang hadir, terkait usulan yang masuk dalam skala prioritas saat Musrenbang Kecamatan. Dari hasil penyampaian para Sangadi tersebut, rata-rata usulan terkait infrastruktur jalan, jembatan penghubung, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Alsintan Pertanian dan Perkebunan, Perpustakaan Desa, Drainase dan Pembangunan RKB sekolah dan jamban sekolah serta pagar.