BAGIKAN

BOLMONG – Untuk menopang sistem pemerintahan diera digital ini, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus mengupayakan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Buktinya saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolmong, sedang merampungkan pekerjaan pemasangan jaringan internet disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dari pantauan portalmongondow.com, saat ini Diskominfo sedang menyelesaikan pemasangan jaringan Internet dimasing-masing OPD, yaitu melakukan penarikan kabel fiber optic di 24 OPD. Kabel fiber optic tersebut, diperkirakan memilki panjang 3000 an meter.

Untuk jaringan Internet saat ini, Pemda Bolmong masih menggunakan menara antena atau tower yang dioperasikan langsung oleh Diskominfo. Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Parmana Ginano, mengatakan, untuk penarikan kabel fiber optic ini, ditargetkan rampung pada bulan Desember.

“Kita targetkan penarikan fiber optic ke semua OPD, selesai Desember tahun ini. Sehingga awal tahun depan akses internet di semua OPD sudah berjalan dan berfungsi dengan baik. Untuk akses jaringan internet saat ini masih mengunakan antena tembak yang kami sediakan,” ujar Parman.

Menurutnya, penggunaan antena tembak kadang tidak maksimal. Dikarenakan, jaringan internetnya sering mengalami gangguan. “Misalnya, kami kirim lima ke OPD, yang sampai itu tiga. Biasanya juga dipengaruhi oleh faktor cuaca, seperti hujan dan angin kencang. Sehingga kadang jaringan disini sering ada gangguan,” ucap Parman mencontohkan.

Sementara itu, Kepala Bidang E-Government Diskominfo Bolmong, Marief Mokodompit, menambahkan, bahwa setelah fiber optic selesai dipasang dan jaringan Internet sudah bisa digunakan oleh setiap OPD, maka jaringan antena yang ada saat ini akan digunakan untuk kepentingan publik.

“Yang jelas, jika fiber optic semuanya sudah terpasang, otomatis antena ini tidak lagi digunakan untuk keperluan OPD. Sehingga kami sudah merencanakan, akan ada wifi di area publik, terutama diseputaran kantor Bupati serta areal Lapangan Adagon,” tutur Marief.