BAGIKAN

BOLMONG – Kabar Roling Kepala Sekolah (Kepsek) untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai berhembus. Dari informasi yang didapat, mutasi jabatan tersebut akan dilaksanakan akhir tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong Renti Mokoginta, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (14/10/2019), membenarkan kabar tersebut. Renti menyampaikan, bahwa kinerja Kepala Sekolah setiap saat terus dilakukan evaluasi. “Ya, benar. Kepsek yang tidak bekerja maksimal akan dievaluasi. Evaluasi ini melibatkan seluruh pengawas,” ujar Renti.

Ditanya kapan waktu pelaksanaan roling tersebut, Renti mengatakan, masih menunggu petunjuk dari Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow. “Jadwal belum ditentukan. Pelaksanaan roling masih menunggu perintah dari ibu Bupati,” kata Renti.

Dia menjelaskan, pergeseran atau mutasi bagi pejabat fungsional tentunya mengacu pada Peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) Nomor 28 Tahun 2010, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah dan madrasah. “Setiap tahun ada evaluasi kinerja yang dilakukan oleh pengawas sekolah, dan secara kumulatif. Jadi pergesaran yang akan kita lakukan untuk tahap dua ini, berdasarkan evaluasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa hal ini juga sebagai sarana penguatan pengembangan dan pemberdayaan pontensi diri serta pembenahan, penyegaran dan pemantapan dalam dunia pendidikan, dalam rangka peningkatan kompetensi ke arah tercapainya Sumber Daya Manusia (SDM) anak didik yang berkualitas, sehingga dapat bersaing dalam dunia global saat ini.

Sekadar diketahui, awal tahun 2019 lalu Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow melaksanakan rotasi jabatan kepada 232 kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Bolmong.